• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Eksperimen dengan Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri Rambipuji

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (114)x_1.pdf (505.2Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Hendra Febriyanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses kegiatan belajar mengajar di sekolah harus berlangsung menarik, aktivitas siswa sebagai pembelajar selalu antusias dalam mengikuti setiap mata pelajaran. Pendidik perlu menyusun dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar dimana anak dapat aktif membangun pengetahuannya sendiri. Hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang disajikan oleh guru di SMA Negeri Rambipuji belum melibatkan aktivitas siswa. Kondisi kelas pasif dan hanya terjadi pemberian informasi dari guru ke siswa. Siswa hanya mendengarkan dan mencatat hal-hal yang dianggap penting untuk dicatat. Hal itu menyebabkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang, karena guru terlalu mendominasi pembelajaran di kelas. Kondisi seperti itu dapat menimbulkan kejenuhan bagi siswa karena pembelajaran yang disajikan kurang menarik sehingga akan berpengaruh pada hasil belajar dan tujuan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) di kelas XI IPA 2 SMA Negeri Rambipuji. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu (a) tahap observasi; dan (b) tahap pelaksanaan tindakan. Tahap pelaksanaan tindakan pembelajaran menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tes hasil belajar sebanyak dua kali. Komponen-komponen pokok vii dalam setiap siklus adalah: perencanaan atau planning, tindakan atau acting, pengamatan atau observing, refleksi atau reflecting. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata prosentase aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 67,8% dan pertemuan ke-2 sebesar 69,2%. Nilai ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 65, nilai ini sama dengan nilai standar ketuntasan minimum yaitu 65. Ketuntasan hasil belajar klasikan pada siklus I sebesar 69,4%. Nilai tersebut masih jauh dari standar ketuntasan klasikal sebesar 85%, sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II. Rata-rata prosentase aktivitas siswa pada siklus II dengan 3 pertemuan adalah: pertemuan 1 sebesar 78%; pertemuan ke-2 sebesar 81,4% dan pertemuan ke-3 sebesar 81,7%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 80 dengan ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 94,4%. Nilai ketuntasan hasil belajar klasikal yang diperoleh pada siklus II melebihi standar ketuntasan klasikal sebesar 85%, sehingga siklus dihentikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dengan pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kelas dapat memenuhi ketuntasan hasil belajar klasikal. Peneliti berharap dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan ini, guru hendaknya selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta mengetahui kecenderungan gaya belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19025
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository