dc.description.abstract | Latar belakang dari penelitian ini berdasarkan observasi awal adalah
rendahnya kemampuan siswa dalam menulis narasi dan masih banyaknya siswa yang
mengalami kesulitan dalam mengungkapkan pikiran, ide-ide, dan gagasan mereka
secara tertulis dalam bentuk tulisan narasi, kurangnya media pembelajaran yang
mendukung, serta siswa belum mampu menulis narasi dengan benar. Berdasarkan
masalah yang ditemukan, salah satu strategi untuk mengatasi masalah pembelajaran
adalah penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan pembelajaran menulis
narasi.
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan media gambar
berseri yang dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SDN
Kebonsari 04 Jember, bagaimanakah hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 04
Jember setelah menggunakan meia gambar berseri. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan penerapan pembelajaran menulis narasi dengan media gambar berseri
pada siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember, untuk meningkatkan hasil belajar
siswa kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember setelah penggunaan media gambar berseri.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas secara
kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif
antara peneliti dan guru. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes,
wawancara. Analisis data yang dilakukan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Penerapan media gambar berseri pada pembelajaran menulis narasi kelas IV
SDN Kebonsari 04 Jember dilaksanakan dengan dua suklus yaitu suklus I dan siklus
II. Penerapan sikuls I dan Siklus II dalam pembelajaran melalui media gambar berseri
ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah 1) mula-mula guru mempersiapkan
gambar berseri, 2) tiap siswadiberikan media gambar berseri, 3) siswa diinstruksikan
untuk memperhatikan dan mempelajari gambar berseri tersebut, 4) siswa diminta
menentukan topik yang sesuai dengan gambar berseri, 5) siswa harus menceritakan
setiap gambar dalam kata-kata atau kalimatnya sendiri apa arti gambar berseri yang
mereka perhatikan dan 6) hasil pengamatan siswa disusun dalam kerangka karangan
(siswa membuat satu kalimat sesuai dengan jumlah gambar) serta
mengembangkannya menjadi karangan yang utuh.
Penerapan media gambar berseri dalam pembelajaran menulis narasi pada siklus
I berjalan lancar sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disiapkan,
berdasarkan dari hasil tulisan narasi siswa, masih beberapa siswa mengalami
kesulitan dalam menentukan penggunaan ejaan dan tanda baca, sehingga dalam
pelaksanaan siklus II guru lebih menekankan pada penjelasan penggunaan ejaan dan
tanda baca, berdasarkan hasil tulisan narasi siswa pada siklus II mengalami
peningkatan
Kemampuan siswa dalam Menulis Narasi dengan media gambar berseri pada
kelas IV SDN Kebonsari 04 Jember mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat
dari perbandingan hasil menulis narasi siswa pada sebelum menggunakan media
gambar berseri (prasiklus), siklus I dan siklus II. Sebelum menggunakan media
gambar berseri (prasiklus) terdapat 21 orang siswa yang mencapai nilai ≥ 60. Setelah
diterapkan pembelajaran menggunakan media gambar berseri, pada siklus I terdapat
34 orang siswa yang mencapai nilai ≥ 60. Pada siklus II yang merupakan perbaikan
dari siklus I, yang mendapat nilai ≥ 60 sebanyak 38 siswa atau 77,55% dari total 49
siswa. Jadi secara klasikal (≥ 70% dari jumlah siswa), siswa kelas IV di SDN
Kebonsari 04 Jember yang mencapai ketuntasan nilai adalah 77,55 %. Saran yang ingin disampaikan yaitu siswa, hendaknya meningkatkan
minatnya terhadap menulis. Bagi guru hendaknya menggunakan gambar berseri
sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa dalam meningkatkan
kemampauan siswa dalam menulis narasi dan memotivasi siswa untuk berkarya. Bagi
peneliti lain, hendaknya penelitian ini dijadikan sarana pengetahuan dan timbul ide
serta gagasan untuk lebih meneliti dalam setiap pelaksanaan belajar mengajar. | en_US |