Show simple item record

dc.contributor.authorH e ndi A g us D i a nt o
dc.date.accessioned2014-01-21T00:29:52Z
dc.date.available2014-01-21T00:29:52Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM090210204119
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18946
dc.description.abstractlmu pengetahuan sosial merupakan mata pelajaran yang materinya sangat dekat dengan lingkungan kehidupan siswa. Seharusnya materi dalam mata pelajaran tersebut mudah dipahami siswa. Penerapan berbagai metode pembelajaran dapat memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran IPS, salah satunya adalah metode role playing. Penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jika aktivitas belajar siswa meningkat, maka akan berpengaruh pada meningkatnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VA melalui metode role playing dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan di SDN Ajung 01 Jember?, (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas VA melalui metode role playing dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan di SDN Ajung 01 Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatan aktivitas belajar siswa kelas VA melalui metode role playing dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan di SDN Ajung 01 Jember, dan (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA melalui metode role playing dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan di SDN Ajung 01 Jember. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tempat penelitian adalah SDN Ajung 01 J e m be r . S ubj e k pe ne l i t i a n a da l a h si sw a ke l a s V A de nga n j um l a h si sw a se ba n y a k 51 si sw a . P e ng um pul a n da t a da l a m pe ne l i t i a n i ni m e ngg un a ka n m e t ode ob se r va si , w a w a n c a r a , dokum e n t a s i da n t e s . A na l i si s da t a y a n g di g un a k a n a da l a h a na l i si s de skr i pt i f kua l i t a t i f . H a si l pe ne l i t i a n m e nunj ukka n ba hw a pe n e r a p a n m e t ode rol e pl ay i ng da pa t m e ni ng ka t k a n a kt i vi t a s da n ha si l be l a j a r si sw a da l a m pe m be l a j a r a n I P S pokok ba ha sa n pe r j ua n g a n p a r a t okoh m e nuj u ke m e r de ka a n . A kt i vi t a s be l a j a r si sw a pa da pr a si kl us se be sa r 38,72 % . P a da si kl us I , pe r s e nt a s e a kt i v i t a s be l a j a r si sw a se be sa r 78% da n t e r g ol on g ka t e g or i c ukup a kt i f . S e hi ngg a m e n ga l a m i pe ni ng ka t a n se be sa r 39,28% . P e r se nt a se a kt i vi t a s b e l a j a r si sw a m e ni n g ka t p a da si kl us I I m e nj a di 88% de ng a n k a t e g or i a kt i f . J a di m e ng a l a m i pe ni ng ka t a n se b e s a r 10% da r i si kl us I k e si kl us I I . P a da pr a si kl us, p e r se nt a se h a si l be l a j a r si sw a s e be sa r 39% . K e m udi a n, pa d a si kl us I se c a r a kl a si k a l se be sa r 84 % da n t e r g ol o ng ba i k , se hi ngg a m e n ga l a m i pe ni ng ka t a n se b e sa r 45% . P a da si kl us I I , p e r s e nt a se ha si l be l a j a r si sw a se c a r a kl a si ka l se be sa r 92% d a n t e r g ol on g da l a m k a t e g o r i ba i k se ka l i . S e hi ngg a d a r i si kl us I k e si kl us I I t e r j a di pe ni ng ka t a n s e be sa r 8% . B e r d a sa r k a n ha si l pe ne l i t i a n di a t a s, da pa t di si m pul ka n ba hw a pe m be l a j a r a n m e l a l ui pe ne r a p a n m e t ode rol e p l ay i ng da l a m pe m be l a j a r a n I P S pokok ba ha s a n pe r j ua n ga n pa r a t okoh m e nuj u k e m e r de k a a n d a pa t m e ni ng ka t k a n a kt i vi t a s da n ha si l be l a j a r si sw a ke l a s V A S D N A j ung 01 J e m be r . S a r a n da r i pe ne l i t i ba g i g ur u S D a da l a h he nda k n y a da p a t m e m a nf a a t k a n m e t ode rol e pl ay i ng se b a ga i sa l a h s a t u a l t e r na t i f m e t ode pe m be l a j a r a n b a i k pa da m a t a pe l a j a r a n I P S m a up un m a t a pe l a j a r a n y a n g l a i n j i ka m e m ung ki nk a n, ka r e na pe ne r a p a n m e t ode rol e pl ay i ng da pa t m e ni n g ka t ka n a kt i vi t a s da n ha si l be l a j a r si sw a . B a g i pe ne l i t i l a i n, pe ne l i t i a n i ni da pa t di j a di ka n se ba g a i a c u a n unt uk m e nga da ka n pe n e l i t i a n se j e ni s y a n g n a nt i n y a d i ha r a pka n pe ne l i t i l a i n m a m pu m e m pe r ba i ki da n m e l e n gka pi ke kur a n ga n y a n g t e r da pa t da l a m pe n e l i t i a n i ni .en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204 119;
dc.subjectM e t od e R ol e P l ay i n gen_US
dc.titleP e n i n gk at an A k t i vi t as d an H as i l B e l aj ar S i s w a K e l as V A M e l al u i M e t od e R ol e P l ay i n g d al am P e m b e l aj ar an I P S P ok o k B ah asan P e r j u an ga n P a r a T ok oh M e n u j u K e m e r d e k aan d i S D N A JU N G 01 J e m b e r T ah u n P e l aj ar an 2012/ 2013 ;en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record