• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    P e n i n gk at an A k t i vi t as d an H as i l B e l aj ar S i s w a K e l as V A M e l al u i M e t od e R ol e P l ay i n g d al am P e m b e l aj ar an I P S P ok o k B ah asan P e r j u an ga n P a r a T ok oh M e n u j u K e m e r d e k aan d i S D N A JU N G 01 J e m b e r T ah u n P e l aj ar an 2012/ 2013 ;

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (109)x_1.pdf (313.1Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    H e ndi A g us D i a nt o
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    lmu pengetahuan sosial merupakan mata pelajaran yang materinya sangat dekat dengan lingkungan kehidupan siswa. Seharusnya materi dalam mata pelajaran tersebut mudah dipahami siswa. Penerapan berbagai metode pembelajaran dapat memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran IPS, salah satunya adalah metode role playing. Penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jika aktivitas belajar siswa meningkat, maka akan berpengaruh pada meningkatnya hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VA melalui metode role playing dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan di SDN Ajung 01 Jember?, (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas VA melalui metode role playing dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan di SDN Ajung 01 Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatan aktivitas belajar siswa kelas VA melalui metode role playing dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan di SDN Ajung 01 Jember, dan (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA melalui metode role playing dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan para tokoh menuju kemerdekaan di SDN Ajung 01 Jember. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tempat penelitian adalah SDN Ajung 01 J e m be r . S ubj e k pe ne l i t i a n a da l a h si sw a ke l a s V A de nga n j um l a h si sw a se ba n y a k 51 si sw a . P e ng um pul a n da t a da l a m pe ne l i t i a n i ni m e ngg un a ka n m e t ode ob se r va si , w a w a n c a r a , dokum e n t a s i da n t e s . A na l i si s da t a y a n g di g un a k a n a da l a h a na l i si s de skr i pt i f kua l i t a t i f . H a si l pe ne l i t i a n m e nunj ukka n ba hw a pe n e r a p a n m e t ode rol e pl ay i ng da pa t m e ni ng ka t k a n a kt i vi t a s da n ha si l be l a j a r si sw a da l a m pe m be l a j a r a n I P S pokok ba ha sa n pe r j ua n g a n p a r a t okoh m e nuj u ke m e r de ka a n . A kt i vi t a s be l a j a r si sw a pa da pr a si kl us se be sa r 38,72 % . P a da si kl us I , pe r s e nt a s e a kt i v i t a s be l a j a r si sw a se be sa r 78% da n t e r g ol on g ka t e g or i c ukup a kt i f . S e hi ngg a m e n ga l a m i pe ni ng ka t a n se be sa r 39,28% . P e r se nt a se a kt i vi t a s b e l a j a r si sw a m e ni n g ka t p a da si kl us I I m e nj a di 88% de ng a n k a t e g or i a kt i f . J a di m e ng a l a m i pe ni ng ka t a n se b e s a r 10% da r i si kl us I k e si kl us I I . P a da pr a si kl us, p e r se nt a se h a si l be l a j a r si sw a s e be sa r 39% . K e m udi a n, pa d a si kl us I se c a r a kl a si k a l se be sa r 84 % da n t e r g ol o ng ba i k , se hi ngg a m e n ga l a m i pe ni ng ka t a n se b e sa r 45% . P a da si kl us I I , p e r s e nt a se ha si l be l a j a r si sw a se c a r a kl a si ka l se be sa r 92% d a n t e r g ol on g da l a m k a t e g o r i ba i k se ka l i . S e hi ngg a d a r i si kl us I k e si kl us I I t e r j a di pe ni ng ka t a n s e be sa r 8% . B e r d a sa r k a n ha si l pe ne l i t i a n di a t a s, da pa t di si m pul ka n ba hw a pe m be l a j a r a n m e l a l ui pe ne r a p a n m e t ode rol e p l ay i ng da l a m pe m be l a j a r a n I P S pokok ba ha s a n pe r j ua n ga n pa r a t okoh m e nuj u k e m e r de k a a n d a pa t m e ni ng ka t k a n a kt i vi t a s da n ha si l be l a j a r si sw a ke l a s V A S D N A j ung 01 J e m be r . S a r a n da r i pe ne l i t i ba g i g ur u S D a da l a h he nda k n y a da p a t m e m a nf a a t k a n m e t ode rol e pl ay i ng se b a ga i sa l a h s a t u a l t e r na t i f m e t ode pe m be l a j a r a n b a i k pa da m a t a pe l a j a r a n I P S m a up un m a t a pe l a j a r a n y a n g l a i n j i ka m e m ung ki nk a n, ka r e na pe ne r a p a n m e t ode rol e pl ay i ng da pa t m e ni n g ka t ka n a kt i vi t a s da n ha si l be l a j a r si sw a . B a g i pe ne l i t i l a i n, pe ne l i t i a n i ni da pa t di j a di ka n se ba g a i a c u a n unt uk m e nga da ka n pe n e l i t i a n se j e ni s y a n g n a nt i n y a d i ha r a pka n pe ne l i t i l a i n m a m pu m e m pe r ba i ki da n m e l e n gka pi ke kur a n ga n y a n g t e r da pa t da l a m pe n e l i t i a n i ni .
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18946
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository