Show simple item record

dc.contributor.authorNadzar Rendra Permana
dc.date.accessioned2014-01-20T06:33:19Z
dc.date.available2014-01-20T06:33:19Z
dc.date.issued2014-01-20
dc.identifier.nimNIM080210201047
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/18442
dc.description.abstractRINGKASAN Hubungan Antara Outdoor Learning dan Indoor Learning dengan Kemandirian Anak di TK Negeri Pe mbina Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jembe r Tahun Pelajaran 2011/2012; Nadzar Rendra Permana, 080210201047; 2011:55 Halaman; Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Dewasa ini, dengan perubahan yang radikal dalam pendidikan anak usia dini dan didorong dengan perkembangan zaman yang semakin berkembang maka akan berpengaruh terhadap perkembangan aspek anak yang meliputi masa awal mengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral, dan nilai-nilai agama. Oleh karena itu, dibutuhkan kondisi dan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan dan perkembangannya tercapai secara optimal. Outdoor learning dan indoor learning merupakan salah satu cara pembelajaran kemandirian yang bertujuan mengembangkan kemampuan dan kesanggupan melakukan tugas yang tidak selalu menggantungkan pada orang lain, serta mampu mengambil inisiatif secara mandiri sesuai potensi anak. Penlitian ini diawali dengan suatu permasalahan yaitu adakah hubungan antara outdoor learning dan indoor learning dengan kemandirian anak di TK Negeri Pembina Kecamatan Jenggawah kabupaten Jember. Penelitian yang jelas akan memberikan arahan dalam memecahkan masalah, sehingga peneliti dan pembaca dapat memahami maksud dari tujuan yang akan dilaksanakan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara outdoor learning dan indoor learning dengan kemandirian anak TK Negeri Pembina Kecamatan Jenggawah kabupaten jember. Manfaat penelitian ini dapat menjadi informasi baru bagi pendidik untuk menambah referensi bahan ajar dan kegiatan belajar mengajar bagi anak didik serta dapat memberikan pengalaman belajar yang nyata dengan kegiatan outdoor learning dan indoor learning dengan suasana belajar yang atraktif, berkesan dan bermakna. vii http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode kuantitatif yang bertujuan menghubungkan antara outdoor learning dan indoor learning dengan kemandirian anak dengan subyek penelitian 65 orang dengan tekhnik populasi. Data primer dalam penelitian ini yaitu diperoleh dari observasi terhadap peserta didik TK Negeri Pembina Jenggawah sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ha “ada hubungan antara outdoor learning dan indoor learning dengan kemandirian anak di TK Negeri Pembina Jenggawah”, dan Ho “tidak ada hubungan antara outdoor learning dan indoor learning dengan kemandirian anak di TK Negeri Pembina Jenggawah”. Berdasarkan dari hasil analisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment atau Product Moment Coefficient (Pearson’s Coefficient Of Correlatin) nilai r hitung sebesar 0,363. Nilai ini lebih besar dari pada r tabelnya. Untuk N=65 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,244 diketahui bahwa ada hubungan antara outdoor learning dan indoor learning dengan kemandirian anak di TK Negeri Pembina Jenggawah. Artinya semakin sering pembelajaran outdoor learning dan indoor learning diberikan dengan benar dan tepat kepada peserta didik maka semakin berdampak positif pula terhadap perkembangan kemandirian anak. Saran yang perlu dilakukan oleh pendidik hendaknya memperhatikan masalah belajar yang dihadapi oleh peserta didik, untuk itu perlu adanya program serta suatu tambahan-tambahan pelajaran baik yang bersifat individu maupun yang bersifat kelompok bagi anak yang mengalami kesulitan belajar. Dan saran untuk Kepala TK Negeri Pembina Kecamatan Jenggawah hendaknya membentuk pribadi yang baik kepada pendidik dan dapat meningkatkan kualitas serta mutu pengajaran di TK Negeri Pembina Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210201047;
dc.subjectOUTDOOR LEARNING , INDOOR LEARNINGen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA OUTDOOR LEARNING DAN INDOOR LEARNING DENGAN KEMANDIRIAN ANAK DI TK NEGERI PEMBINA KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record