Show simple item record

dc.contributor.authorMohammad Saif Riza Abdillah
dc.date.accessioned2014-01-19T07:11:57Z
dc.date.available2014-01-19T07:11:57Z
dc.date.issued2014-01-19
dc.identifier.nimNIM071710101037
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17466
dc.description.abstractPemasaran produk kopi bubuk perkebunan rakyat Desa Sidomulyo saat ini masih menggunakan strategi yang sangat sederhana tanpa adanya promosi yang memadai. Produk kopi bubuk Sidomulyo mempunyai pangsa pasar yang sangat kecil sehingga penjualannya kurang maksimal. Padahal jika ditinjau dari segi mutu, produk kopi bubuk Sidomulyo memiliki kualitas yang lebih baik dibanding produk sejenis yang ada di pasaran saat ini. Dalam era globalisasi dan dengan dukungan teknologi informasi yang sudah cukup canggih, pemasaran konvensional sangat tidak efisien dan efektif untuk digunakan, karena sistem pemasaran tersebut memiliki banyak sekali kekurangan, misalnya biaya promosi yang mahal atau kendala ruang dan waktu dalam proses pemasaran. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah strategi pemasaran yang lebih baik. Salah satunya dengan cara pemasaran melalui internet atau sering dikenal dengan istilah e-marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan merancang kebutuhan e-marketing yang sesuai bagi pemasaran produk kopi bubuk perkebunan rakyat Sidomulyo, agar daya jual dan pangsa pasar produk ini semakin besar. Penelitian ini dilakukan melalui metode observasi, wawancara, serta penyebaran kuisioner secara langsung maupun tidak langsung melalui intenet. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis SWOT dan Analisis BCG. Berdasarkan hasil penelitian, untuk analisis SWOT dan matrik IE diketahui bahwa posisi kekuatan internal dan eksternal produk kopi bubuk perkebunan rakyat Sidomulyo Silo Jember berada pada sel V. Sel ini menunjukan suatu strategi yang menggambarkan kegiatan dalam pertumbuhan perusahaan untuk memperluas perusahaan dan fokus pada pesaing. Sedangkan pada hasil analisis BCG menunjukan bahwa posisi produk kopi bubuk perkebunan rakyat ix     Sidomulyo Jember berada pada question mark, yang menunjukan produk berada pada tingkat pertumbuhan tinggi tetapi hanya menguasai pangsa pasar yang rendah. Akibatnya tingkat keuntungan yang dihasilkan juga rendah dan membutuhkan dana investasi yang besar jika produk ini ingin tumbuh berkembang. Dari hasil kedua analisis diatas dapat diketahui bahwa strategi promosi dalam rangka memperluas pemasaran untuk produk kopi bubuk perkebunan rakyat Sidomulyo memiliki porsi paling besar yang harus diutamakan diantara manajemen strategi lainnya. Strategi pemasaran yang dapat diterapkan sesuai dengan hasil tersebut adalah strategi e-marketing. Implementasi strategi e-marketing produk kopi bubuk perkebunan rakyat Sidomulyo ini dimulai dengan merancang sebuah website sebagai media promosi dan pemasaran yang beralamatkan di www.sidomulyocoffe.web.id. Produk yang dipromosikan dan dipasarkan lewat situs ini sebagian besar merupakan produk kopi bubuk hasil perkebunan rakyat Sidomulyo. Dalam website ini ditanamkan fitur-fitur yang menunjang sehingga proses e-marketing dapat berjalan baik sesuai dengan tujuan. Salah satu fitur yang diandalkan pada website ini adalah fitur “ecommerce” dan “customer service online”. Fitur “e-commerce” memungkinkan pemesanan produk secara online dengan proses yang serba otomatis, sedangkan fitur “customer service online” memungkinkan konsumen mendapatkan informasi secara langsung dari perusahaan sehingga akan terjadi komunikasi dua arah yang tentunya menguntungkan kedua belah pihak. Evaluasi secara dilakukan berkala terhadap penerapan strategi e-marketing yang telah berjalan demi tercapainya tujuan perusahaan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries071710101037;
dc.subjectMARKETING , IMPLEMENTASINYA PADA PENJUALAN PRODUK KOPIen_US
dc.titleANALISIS STRATEGI E-MARKETING DAN IMPLEMENTASINYA PADA PENJUALAN PRODUK KOPI BUBUK PERKEBUNAN RAKYAT SIDOMULYO KECAMATAN SILO KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record