dc.description.abstract | Usia Taman Kanak-kanak (TK) merupakan usia emas ( golden age ) untuk
menerima rangsangan yang hanya datang sekali dan tidak bisa diulang, sekaligus fase
yang sangat menentukan untuk pengembangan kualitas manusia selanjutnya. Akan
tetapi, banyak TK yang menekankan programnya untuk mengajar anak
berkemampuan membaca, menulis dan berhitung yang diselenggarakan seperti di
Sekolah Dasar (SD) dengan mengabaikan prinsip-prinsip pembelajaran di TK.
Bahkan banyak TK yang melaksanakan les hitung untuk mempersiapkan anak masuk
SD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan kognitif anak usia TK pada
konsep bilangan yang meliputi (1) membilang (2) menghubungkan kumpulan benda
dengan lambang bilangan dan (3) membedakan 2 kumpulan benda berdasarkan
jumlahnya.
Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode tes. Tes yang digunakan
adalah tes lisan ( oral test ). Hal ini disebabkan anak usia TK belum bisa
mengungkapkan jawaban dalam bentuk tulisan. Tes yang dilakukan melalui 2 tahap
yaitu (1) tes yang menggunakan objek-objek riil dan (2) tes yang menggunakan alat
bantu berupa gambar . Objek-objek riil yang digunakan yaitu kelereng dan mata uang
logam, sedangkan gambar dikemas dalam Kompetensi Kognitif atau Lembar Kerja
Siswa (LKS).
Analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif yaitu dengan
menggunakan persentase. Data yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu (1)
kemampuan kognitif anak dalam membilang dari 1 sampai 20 (2) kemampuan
kognitif anak dalam menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan
viii
benda-benda yang berjumlah 1 sampai 10 dan (3) kemampuan kognitif anak dalam
membedakan dua kumpulan benda yang sama, tidak sama, lebih sedikit dan lebih
banyak jumlahnya.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak usia 5-6
tahun dalam membilang 1 sampai 20 di TK AT-TAQWA Kalisat tahun ajaran
2006/2007 yakni 20,59% baik sekali; 14,71% baik; 35,29% cukup; 8,82% kurang dan
20,59% kurang sekali. Kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam
mengubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda dari 6
sampai 10 di TK AT-TAQWA Kalisat tahun ajaran 2006/2007 yakni 73,53% baik
sekali; 8,82% baik; 8,82% cukup; 2,94% kurang dan 5,88% kurang sekali.
Kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam membedakan 2 kumpulan benda
yang sama jumlahnya di TK AT-TAQWA Kalisat tahun ajaran 2006/2007 yakni
17,65% baik sekali; 5,88% baik; 14,71% cukup; 8,82% kurang dan 52,94% kurang
sekali. Sedangkan, kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam membedakan 2
kumpulan benda yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit jumlahnya di TK
AT-TAQWA Kalisat tahun ajaran 2006/2007 yakni 11,76% baik sekali; 5,88% baik;
44,18% cukup; 8,82% kurang dan 29,41% kurang sekali. | en_US |