• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemampuan Kognitif Anak Usia Taman Kanak-Kanak Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) dalam Konsep Bilangan di TK AT-TAQWA Kalisat Tahun Ajaran 2006/2007 ;

    Thumbnail
    View/Open
    nihatluben_1.pdf (38.63Kb)
    Date
    2014-01-19
    Author
    Nihat Lubenna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Usia Taman Kanak-kanak (TK) merupakan usia emas ( golden age ) untuk menerima rangsangan yang hanya datang sekali dan tidak bisa diulang, sekaligus fase yang sangat menentukan untuk pengembangan kualitas manusia selanjutnya. Akan tetapi, banyak TK yang menekankan programnya untuk mengajar anak berkemampuan membaca, menulis dan berhitung yang diselenggarakan seperti di Sekolah Dasar (SD) dengan mengabaikan prinsip-prinsip pembelajaran di TK. Bahkan banyak TK yang melaksanakan les hitung untuk mempersiapkan anak masuk SD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan kognitif anak usia TK pada konsep bilangan yang meliputi (1) membilang (2) menghubungkan kumpulan benda dengan lambang bilangan dan (3) membedakan 2 kumpulan benda berdasarkan jumlahnya. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode tes. Tes yang digunakan adalah tes lisan ( oral test ). Hal ini disebabkan anak usia TK belum bisa mengungkapkan jawaban dalam bentuk tulisan. Tes yang dilakukan melalui 2 tahap yaitu (1) tes yang menggunakan objek-objek riil dan (2) tes yang menggunakan alat bantu berupa gambar . Objek-objek riil yang digunakan yaitu kelereng dan mata uang logam, sedangkan gambar dikemas dalam Kompetensi Kognitif atau Lembar Kerja Siswa (LKS). Analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif yaitu dengan menggunakan persentase. Data yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu (1) kemampuan kognitif anak dalam membilang dari 1 sampai 20 (2) kemampuan kognitif anak dalam menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan viii benda-benda yang berjumlah 1 sampai 10 dan (3) kemampuan kognitif anak dalam membedakan dua kumpulan benda yang sama, tidak sama, lebih sedikit dan lebih banyak jumlahnya. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam membilang 1 sampai 20 di TK AT-TAQWA Kalisat tahun ajaran 2006/2007 yakni 20,59% baik sekali; 14,71% baik; 35,29% cukup; 8,82% kurang dan 20,59% kurang sekali. Kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam mengubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda dari 6 sampai 10 di TK AT-TAQWA Kalisat tahun ajaran 2006/2007 yakni 73,53% baik sekali; 8,82% baik; 8,82% cukup; 2,94% kurang dan 5,88% kurang sekali. Kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam membedakan 2 kumpulan benda yang sama jumlahnya di TK AT-TAQWA Kalisat tahun ajaran 2006/2007 yakni 17,65% baik sekali; 5,88% baik; 14,71% cukup; 8,82% kurang dan 52,94% kurang sekali. Sedangkan, kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam membedakan 2 kumpulan benda yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit jumlahnya di TK AT-TAQWA Kalisat tahun ajaran 2006/2007 yakni 11,76% baik sekali; 5,88% baik; 44,18% cukup; 8,82% kurang dan 29,41% kurang sekali.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17193
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15279]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository