• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Kualitas Pembelajaran Apresiasi Puisi Siswa Kelas VIIIB SMPN 1 Sumbermalang Situbondo melalui Kegiatan Apresiasi Lagu-lagu Populer Remaja

    Thumbnail
    View/Open
    gdl (30)xx_1.pdf (37.17Kb)
    Date
    2014-01-18
    Author
    Setio Wawan Adiatma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Observasi awal menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran apresiasi puisi di kelas VIIIB SMP Negeri Sumbermalang, Situbondo kurang baik. Kurang baiknya kualitas pembelajaran ini disebabkan oleh faktor guru dan siswa. Hal ini terlihat ketika diberi kesempatan oleh guru untuk membacakan puisi di depan teman-temannya, hanya ada 2 dari 38 siswa yang berani membacakan. Siswa juga tidak berani merespon hal-hal yang telah disampaikan guru, sehingga tidak ada interaksi dalam kegiatan pembelajaran. Lagu dipilih sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, karena lagu banyak diminati dan mudah dipahami oleh siswa sesuai dengan tingkat kemampuannya. Dalam penelitian ini kurang baiknya kualitas pembelajaran apresiasi puisi ditingkatkan melalui kegiatan apresiasi lagu-lagu populer remaja, karena pada dasarnya syair dalam lagu adalah puisi. Kegiatan membacakan puisi berdasarkan tinjauan pustaka dalam penelitian ini pada dasarnya adalah membacakan untuk orang lain yang merupakan suatu kegiatan pertunjukan bernilai seni, sehingga diperlukan teknik-teknik tertentu. Teknik yang perlu dikuasai dalam membacakan puisi antara lain teknik vokal, mimik/ekspresi, gesture/gerak, dan penghayatan terhadap isi puisi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian simultan terpadu. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dilakukan kolaboratif antara peneliti dan guru. Sumber data dalam penelitian ini adalah proses kegiatan pembelajaran apresiasi puisi melalui kegiatan apresiasi lagu-lagu populer remaja, lembar observasi, lembar penilaian tes unjuk kerja siswa, serta dokumentasi berupa rekaman audio visual. Data diperoleh dari subjek terteliti, yakni guru bidang studi bahasa Indonesia kelas VIIIB dan siswa kelas VIIIB SMP Negeri Sumbermalang. Teknik pengumpulan data pada setiap siklus diperoleh melalui teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes unjuk kerja. Pelaksanaan pembelajaran membacakan puisi melalui kegiatan membacakan syair lagu-lagu populer remaja pada siklus I sesuai dengan format pengamatan terdapat satu deskriptor yang tidak muncul baik pada aktivitas guru maupun aktivitas siswa, walaupun bagitu aktivitas guru dan siswa masuk pada kategori sangat baik berdasarkan tingkat keberhasilan tindakan. Hasil tes unjuk kerja siswa pada siklus I, dari 24 siswa sebanyak 20 siswa telah mencapai ketuntasan belajar minimal dan 4 siswa belum mencapai ketuntasan minimal. Hasil tersebut belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Belum tercapainya ketuntasan secara klasikal ini disebabkan oleh satu deskriptor yang tidak dilakukan oleh guru yaitu memberikan contoh masing-masing penjelasan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membacakan puisi, sehingga siswa tidak mempunyai gambaran yang jelas tentang hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membacakan puisi. Pada siklus II seluruh deskriptor pada aktivitas guru muncul dan satu deskriptor pada aktivitas siswa tidak muncul, sehingga tetap masuk pada kategori sangat baik. Hasil tes unjuk kerja siswa pada siklus II dari 26 siswa hanya 2 siswa yang belum mencapai standar ketuntasan belajar minimal. Hasil tersebut sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, sehingga tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kualitas proses pembelajaran membacakan puisi siswa kelas VIIIB SMP Negeri Sumbermalang melalui kegiatan membacakan syair lagu-lagu populer remaja meningkat. Peningkatan ini ditunjukkan dengan meningkatnya tingkat keberhasilan tindakan aktivitas guru dan siswa pada siklus I dan siklus II. Oleh karena itu, dikemukakan saran sebagai berikut. Pertama, agar tumbuh rasa percaya diri dan motivasi siswa sebaiknya guru menciptakan suasana yang santai dan menyenangkan dalam pembelajaran. Kedua, rasa senang dan gemar membaca khususnya tentang sastra sebaiknya ditingkatkan oleh siswa. Ketiga, karena kegiatan apresiasi lagulagu populer remaja dapat meningkatkan kualitas pembelajaran apresiasi puisi maka disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian lanjutan pada kasus dan kelas yang sama atau mirip untuk menguji kebenaran hasil penelitian dengan menambah landasan teori yang digunakan dan memperhatikan kualitas syair lagu.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/17082
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository