dc.description.abstract | Praktek Kerja Nyata yang dilaksanakan pada Perum Pegadaian Cabang
Tegal Boto Jember sebagai berikut :
1. Menerima Surat Masuk
Pelaksanaan pengurusan surat masuk pada Perum Pegadaian Cabang Tegal
Boto Jember menggunakan azas sentralisasi, yaitu suatu sistem dimana
semua kegiatan surat menyurat dipusatkan pada unit khusus pengelola
masalah surat-menyurat pada teori sistem membuat surat. Pelaksanaan
pengurusan surat masuk tersebut pada prinsipnya sama dengan penerimaan
surat pada biro kesekretariatan perusahaan kantor pusat, yaitu:
1) Surat Masuk diterima petugas atau pegawai yang ditunjuk.
2) Petugas atau pegawai meneliti dan memeriksa kebenaran alamat
tujuan.
3) Surat yang berisi rahasia tidak dibuka (Martono, 1997:71).
2. Mencatat Surat Masuk kedalam agenda surat masuk. Surat yang diterima
dari cabang-cabang perusahaan atau dari instansi-instansi lainnya kedalam
buku agenda surat masuk, dan dicatat juga tanda terima surat, nomor
agenda, tanggal surat, nomor surat, perihal register pimpinan, kode
penyimpanan, dan keterangan yang prinsipnya sama dengan teori prosedur
pengurusan dan pengendalian surat masuk.
3. Pencatatan Surat Keluar
Pelaksanaan pengurusan surat keluar harus melalui beberapa unit
pengelola yang mana pada dasarnya mempunyai prinsip yang sama yaitu :
1) Sebelum surat ditanda tangani direktur/pimpinan pengolah harus
diteliti terlebih dahulu kebenaran surat (alamat, surat, lampiran bila
ada).
2) Menyampaikan surat kepada urusan biro kesekretariatan perusahaan
dalam keadaan tertutup untuk diproses. 3) Setelah surat diproses maka surat segera dikirimkan sesuai dengan
alamat yang dituju.
4) Setelah surat dikirim, surat yang tidak asli di file dan dijadikan arsip.
Pada dasarnya penataan berkas disusun secara sistematis yang berpedoman
pada klasifikasi arsip dan indeks. Adapun langkah penataan arsip tersebut :
1) Menentukan Kode Klasifikasi dan Indeks.
2) Menata sekat.
3) Menata folder kedalam sekat.
4) Memasukkan arsip. | en_US |