Show simple item record

dc.contributor.authorSugeng Pambudi, Didik
dc.date.accessioned2013-11-25T05:01:37Z
dc.date.available2013-11-25T05:01:37Z
dc.date.issued2012-12
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1652
dc.description.abstractIndikator Keberhasilan suatu proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) dapat dilihat salah satunya dari keberhasilan siswa memperoleh nilai Ujian Nasional (UNAS) yang tinggi. Tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih ada siswa di beberapa daerah yang belum berhasil mencapai nilai TINAS dengan bailq di mana rata-rata nilai TINAS kurang dari 6,00. Dari hasil penelitian PPMP tahun 201I dapat diketahui bahwa pada 9 mata pelajaran UNAS untuk tahun 2008, 2009 dan 2010 untuk siswa SMA di wilayah Propinsi Jawa'Timur 3 terdapat Standar Kompetensi (SK) yang belum dikuasai siswa (nilai di kurang dari 6,00). Faktor dominan penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran yang masih berorientasi padar"teacher centered'1 Solusi yang diberikan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa adalah mengembangkanM odel Pembelajarany ang kreatif dan Inovatif. Tindak lanjut hasil PPMP tersebut adalah kegiatan Penerapan Model Pengembangan Mutu Pendidikan (PM-PMP) tahun 2012. Tujuan PM-PMP tahun 2012 adalah untuk (l) mengembangkan Model Pembelajaran yang dijadikan solusi pada kegiatan PPMP tahun 201 l, (2) melaksanakan Training of Trainers (fOT) pada 9 Guru yang mengajar 9 matapelajaran UNAS, (3) menerapkan Model Pembelajaran tersebut pada 9 mata pelajaran UNAS di wilayah Jawa Timur 3, dan (4) mengukur efektifitas penerapan Model Pembelajaran tersebut. Luaran yang ditargetkan dari pelaksanaan PM-PMP ini adalah diperoleh Model Pembelajanany ang terverifikasi untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa SMA khususnya di wilayah Propinsi Jawa Timur 3, serta artikel untuk diterbitkan padajurnal ilmiah ber-ISSN dan buku berJSBN.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectPM-PMP, Model Pembelajaran Kreatif dan Inovatif, TOT, LINAS, Proses Pembelajaran, Hasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN UJIAN NASIONAL SISWA SMA DI WILAYAH PROPINSI JAWA TIMUR3en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record