PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN UJIAN NASIONAL SISWA SMA DI WILAYAH PROPINSI JAWA TIMUR3
Abstract
Indikator Keberhasilan suatu proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas
(SMA) dapat dilihat salah satunya dari keberhasilan siswa memperoleh nilai
Ujian Nasional (UNAS) yang tinggi. Tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan
bahwa masih ada siswa di beberapa daerah yang belum berhasil mencapai nilai
TINAS dengan bailq di mana rata-rata nilai TINAS kurang dari 6,00. Dari hasil
penelitian PPMP tahun 201I dapat diketahui bahwa pada 9 mata pelajaran
UNAS untuk tahun 2008, 2009 dan 2010 untuk siswa SMA di wilayah Propinsi
Jawa'Timur 3 terdapat Standar Kompetensi (SK) yang belum dikuasai siswa
(nilai di kurang dari 6,00). Faktor dominan penyebabnya adalah penggunaan
model pembelajaran yang masih berorientasi padar"teacher centered'1 Solusi
yang diberikan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa
adalah mengembangkanM odel Pembelajarany ang kreatif dan Inovatif. Tindak
lanjut hasil PPMP tersebut adalah kegiatan Penerapan Model Pengembangan
Mutu Pendidikan (PM-PMP) tahun 2012. Tujuan PM-PMP tahun 2012 adalah
untuk (l) mengembangkan Model Pembelajaran yang dijadikan solusi pada
kegiatan PPMP tahun 201 l, (2) melaksanakan Training of Trainers (fOT) pada
9 Guru yang mengajar 9 matapelajaran UNAS, (3) menerapkan Model
Pembelajaran tersebut pada 9 mata pelajaran UNAS di wilayah Jawa Timur 3,
dan (4) mengukur efektifitas penerapan Model Pembelajaran tersebut. Luaran
yang ditargetkan dari pelaksanaan PM-PMP ini adalah diperoleh Model
Pembelajanany ang terverifikasi untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil
belajar siswa SMA khususnya di wilayah Propinsi Jawa Timur 3, serta artikel
untuk diterbitkan padajurnal ilmiah ber-ISSN dan buku berJSBN.