PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENTARI-INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DAI\ HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN UJIAN NASIONAL SISWA SMA DI WILAYAH KOTA PASURUAN, KABUPATEN PASURUAII, DAII KABUPATEN PROBOLINGGO')
Abstract
Indikator Keberhasilan suatu proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas
(SMA) dapat dilihat salah satunya dari keberhasilan siswa memperoleh nilai
Ujian Nasional GrNAS) yang tinggi. Tetapi kenyataan di lapangan
menunjukkan bahwa masih ada siswa di beberapa daerah yang belum
berhasil mencapai nilai UNAS dengan baik, di mana rata-rata nilai LINAS
kurang dari 6,00. Dari hasil penelitian PPMP tahun 201I dapat diketahui
bahwa pada 9 mata pelajaran UNAS untuk tahun 2008,2009 dan 2010 untuk
siswa SMA di wilayah Propinsi Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, dan
Kabupaten Probolinggo terdapat Standar Kompetensi (SK) yang belum
dikuasai siswa (nilai di kurang dari 6,00). Solusi yang diberikan untuk
meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa adalah mengembangkan
Model Pembelajaran yang Inovatif. Tindak lanjut hasil PPMP tersebut adalah
kegiatan Penerapan Model Mentari-Inovatif Pengembangan Mutu
Pendidikan (PM-PMP) tafuin 2012. Tujuan PM-PMP tahun 2012 adalah
untuk (1) mengembangkan Model Pembelajaran Mentari-Inovatif yang
dijadikan solusi pada kegiatan PPMP tahun 2011, (2) menerapkan Model
Pembelajaran Mentari-lnovatif pada 9 mata pelajaran UNAS di wilayah Kota
Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo, dan (3)
mengukur efektifitas penerapan Model Pembelajaran Mentari-Inovatif.
Untuk mencapai tujuan dilakukan 4 program, yaitu (1) program
pengembangan Model Pembelaj aran Mentari-Inovatif yang dij adikan solusi
pada kegiatan PPMP tahun 2011, (2) Program Training of Trainers (TOT)
pada9 Guru yang mengajar 9 matapelajaran TINAS , (3) Program Penerapan
Model Pembelajaran Mentari-Inovatif pada 9 mata pelajaran UNAS, dan (4)
Program Pengukuran efektifitas penerapan Model Pembelajaran Mentari-
Inovatif. Luaran yang ditargetkan dari pelaksanaan PM-PMP ini adalah
diperoleh Model Pembelajaran yang terverifikasi dan efektivitas model
Mentari-Inovatif untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa
SMA khususnya di wilayah Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, dan
Kabupaten Probolinggo