• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK PENINGKATAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI (SISWA SMP NEGERI 2 AMBULU)

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Setyo Andi Nugroho_001.pdf (171.0Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    Setyo Andi Nugroho
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Selama ini pembelajaran biologi lebih banyak berpusat pada guru sehingga tidak mendorong kreativitas siswa. Keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar sangat kecil. Ini yang menyebabkan siswa enggan berpikir, sehingga timbul perasaan jenuh dan bosan dalam mengikuti pelajaran biologi. Akibat dari sikap siswa tersebut, maka dapat dipastikan hasil belajarnya kurang memuaskan, dalam arti tidak memenuhi batas tuntas yang ditetapkan sekolah. Disisi lain guru biologi jarang menggunakan Metode eksperimen terutama pada pokok bahasan sistem dalam kehidupan tumbuhan, sehingga motivasi siswa berkurang. Kondisi seperti itu dapat menimbulkan kejenuhan bagi siswa karena pembelajaran yang disajikan kurang menarik sehingga akan berpengaruh pada hasil belajar dan tujuan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa dalam pembelajaran biologi menggunakan model Cooperative Leraning teknik TPS (Think-Pair-Share) dengan Metode Eksperimen di kelas VIIID SMP Negeri 2 Ambulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu (a) tahap observasi; dan (b) tahap pelaksanaan tindakan. Tahap pelaksanaan tindakan pembelajaran menggunakan model Cooperative Leraning teknik TPS (Think-Pair-Share) dengan metode eksperimen dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tes hasil belajar sebanyak dua kali. Komponen- komponen pokok dalam setiap siklus adalah: perencanaan atau planning, tindakan atau acting, pengamatan atau observing, refleksi atau reflecting. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar dalam penerapan Model Cooperative Learning Teknik TPS (Think-Pair-Share) dengan Metodeeksperimen pada siswa kelas VIIID semester Gasal 2010-2011 di SMP Negeri 2 Ambulu dalam aspek kognitif dari siklus I sampai dengan siklus II dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 72.55 pada siklus II sebesar 76.33 dengan besar peningkatan 3,78. Sedangkan untuk ketuntasannya mengalami kenaikan 15 % dari siklus 1 sebesar 67,5% pada siklus II sebesar 82,5%. Untuk nilai afektif juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 70,6 dengan nilai ketuntasan 80% pada siklus II menjadi 77.07 dan ketuntasan 92,5%. Mengalami peningkatan sebesar 6,47 dan ketuntasan sebesar 12,5%. Sedangkan untuk nilai psikomotorik dari siklus I sebesar 70,5 dengan ketuntasan 82,5% pada siklus II menjadi 76,9 dengan ketuntasan 87,5% mengalami peningkatan sebesar 6,4 dan ketuntasan sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi dalam penerapan Model Cooperative Learning Teknik TPS (Think-Pair-Share) dengan Metode eksperimen pada siswa kelas VIIID semester Gasal 2010-2011 di SMP Negeri 2 Ambulu. Dalam aspek Attitude mengalami kenaikan sebesar 1,25 dengan rata-rata siklus I sebesar 24,1 pada siklus II sebesar 25,35. Untuk aspek Relevance mengalami peningkatan 0,3 yaitu dari siklus I sebesar 21,4 pada siklus II sebesar 21,7. Sedangkan aspek Confidence mengalami peningkatan sebesar 0,5 yaitu pada siklus I sebesar 22,05 dan pada siklus II sebesar 22,55. Dan untuk aspek Satisfaction mengalami peningkatan sebesar 0,58 yaitu dari siklus I sebesar 24,62 pada siklus II sebesar 25,2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dengan model Cooperative Leraning teknik TPS (Think-Pair-Share) dengan Metode Eksperimen. Kelas dapat memenuhi ketuntasan hasil belajar klasikal. Peneliti berharap dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan ini, guru hendaknya selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16398
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository