Penggunaan Media Tiruan Untuk Meningkatkan Keterampilan dan Pemahaman Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri Arjasa Semester Genap Tahun Pelajaran 2012-2013 Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Mencatat Transaksi ke Dalam Jurnal Umum Pada Perusahaan Jasa)
View/ Open
Date
2013-11-22Author
Novitasari, Friska Eris
Kartini, Titin
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa dengan menggunakan media tiruan bukti transaksi pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri Arjasa mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar mencatat transaksi ke dalam jurnal umum pada perusahaan jasa semester genap
tahun pelajaran 2012-2013. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode purposive area yaitu siswa kelas XI IPS 3 yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 21 siswa
perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, wawancara, tes dan dokumen. Metode analisis data yang digunakan adalah metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa (1) hasil observasi keterampilan siswa serta aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran; (2)
hasil tes pemahaman siswa melalui post test. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, yang masing-masing terdiri atas 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri Arjasa meningkat dari rendah menjadi tinggi, begitu pula dengan pemahaman siswa meningkat dari belum tuntas menjadi tuntas secara klasikal.