• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • Karya Deposit Ilmiah
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • Karya Deposit Ilmiah
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri Arjasa Semester Genap Tahun Pelajaran 2012- 2013 Mata Pelajaran Akuntansi Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa)

    Thumbnail
    View/Open
    sutrisna djaja.pdf (16.54Kb)
    Date
    2013-11-22
    Author
    Triyaningsih, Lulus
    Djaja, Sutrisno
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Arjasa mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar menyusun laporan keuangan pada perusahaan jasa semester genap tahun pelajaran 2012-2013. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode purposive area yaitu siswa kelas XI IPS 2 yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, wawancara, tes dan dokumen. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa (1) hasil observasi aktivitas belajar siswa serta aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran; (2) hasil belajar siswa melalui ulangan harian berupa tes tulis. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, yang masing-masing terdiri atas 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Arjasa meningkat dari kriteria kurang aktif menjadi aktif, begitu pula dengan hasil belajar siswa meningkat dari belum tuntas menjadi tuntas secara klasikal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1628
    Collections
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan [298]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository