Pengaruh Diversifikasi Produk dan Distributor Terhadap Volume Penjualan Souvenir (pada Industri Kerajinan Kerang di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo Tahun 2012)
Abstract
Diversifikasi produk dan distributor merupakan faktor penting dalam penunjang perkembangan suatu usaha. Dengan pelaksanaan diversifikasi produk dan distributor
tersebut dapat meningkatkan volume penjualan sehingga selalu dilakukan oleh pemilik industri kerajinan kerang di Panarukan. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui
pengaruh yang signifikan dari diversifikasi produk dan distributor terhadap volume penjualan souvenir pada industri kerajinan kerang di Kecamatan Panarukan Kabupaten
Situbondo tahun 2012. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan purposive area. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan metode populasi yaitu sebanyak 52 pemilik industri kerajinan kerang di Kecamatan Panarukan. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Tehnik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan editing,
skoring, dan tabulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial yaitu dengan analisis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi, uji F, dan uji t. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa diversifikasi produk dan distributor berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan, yaitu sebesar 70,8% dan variabel diversifikasi produk memiliki pengaruh yang dominan sebesar 41,7%.