Browsing UT-Faculty of Teacher Training and Education by Author "Rahayu"
Now showing items 21-40 of 51
-
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Pada Tema Harga Diri Di SDN Plalangan 02 Jember
Santoso, Tri Hadi (2017-11-30)Salah satu faktor yang mempengaruhi aktivitas dan hasil belajar siswa adalah pemilihan model pembelajaran yang menarik perhatian siswa, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Hasil observasi ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERAN ANGGOTA KELUARGA DI SDN KENCONG 03 JEMBER
Lestari, Dewi (2016-08-15)Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar mempelajari tentang semua aspek kehidupan manusia dan interaksinya dalam masyarakat. Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial disekolah dasar memiliki peran untuk mendidik siswa mengembangkan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Tema Indahnya Persahabatan Di Sdn Ajung 03 Jember
Tiyas, Ririn Dwi Aprining (2017-10-16)Salah satu sekolah dasar (SD) di Kabupaten Jember yang telah menerapkan Kurikulum 2013 adalah SD Negeri Ajung 03. Penerapan Kurikulum 2013 di SDN Ajung 03 sebenarnya sudah dilaksanakan sesuai dengan pendekatan ilmiah, ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Tema Keselamatan Di Rumah Dan Perjalanan Di Sdn Kepatihan 06 Jember
Safitri Agustin, Mega (2019-03-29)Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi baik dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan efektif serta mampu berkontribusi pada ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Exmples Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pkn Pada Siswa Kelas v Sdn Jember Kidul 02 Jember
Pryhatna, Afif Isa Mukti (2018-11-21)Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples pada mata pelajaran PKn dapat meningkatan aktivitas siswa. Rata-rata ketercapaian aktivitas siswa berdasarkan hasil observasi pada prasiklus dalam ketegori ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN SISTEM PEMERINTAHAN RI DI SDN KEBAMAN 06 BANYUWANGI
Budiarto, Ellen Prasetyo (2017-03-14)Pendidikan merupakan pilar utama untuk mengembangkan sumber daya manusia dan masyarakat suatu bangsa. Salah satu cara atau alternatif untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut adalah dengan Pendidikan Kewarganegaraan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achivement Division) Berbantuan Media. Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulls Puisi Bebas Kelas V SDN Gumukmas 2 Jember
Sari, Dita Putri Aviska (2019-06-08)Menulis merupakan suatu keterampilan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung untuk menyampaikan ide atau gagasan. Dalam KTSP mata pelajaran bahasa Indonesia untuk SD kelas V semester 2, kompetensi ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVB TEMA CITA-CITAKU DI SDN KEBONSARI 01 JEMBER
Ardiawati, Enis (2016-08-15)Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ( Student Teams Achievement Division ) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVB Tema ... -
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT ( TGT ) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS TEMA PERMAINAN PADA SISWA KELAS III DI SDN YOSOWILANGUN LOR 01 LUMAJANG
Mawaddah, Ainul Yulia (2015-11-30)Guru dituntut merealisasikan kemampuannya secara optimal dalam proses pembelajaran. Pemilihan strategi dalam proses pembelajaran IPS sangat diperlukan agar materi yang disampaikan dapat diterima siswa dengan baik dan ... -
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam Pada Siswa Kelas IV SDN Bintoro 02, Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017
Halidayanti, Intan Nur (2017-08-11)IPS di sekolah dasar mempelajari tentang semua aspek kehidupan manusia dan juga interaksi dalam masyarakat. Siswa harus melibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran. Siswa tidak sekedar mengamati tetapi harus ... -
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DI SDN POCANGAN I JEMBER
PURNAMASARI, NOVIKA (2016-08-18)Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat dalam proses kegiatan pembelajaran mata pelajaran IPS sangat diperlukan agar materi yang disampaikan dapat diterima siswa dengan baik, dan proses pembelajaran lebih efektif ... -
PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKN POKOK BAHASAN GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SDN JATISARI 01 JEMBER
Yuanis, Noviantika (2015-11-30)Quantum Learning ialah kiat, petunjuk, dan strategi belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar siswa sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Penerapan Quantum ... -
PENERAPAN PENDEKATAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI SDN JEMBER KIDUL 04 JEMBER
Permata, Rossita Dewi (2015-11-30)Siswa melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat memperoleh pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan kepekaan untuk menghadapi hidup. Salah satu upaya untuk memenuhi tujuan pendidikan pada mata pelajaran IPS yaitu ... -
PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI SDN TANGGUL WETAN 04 JEMBER
Hoiroh, Siti (2016-01-08)Guru dituntut agar peka terhadap keadaan siswa serta mampu berinovasi untuk menerapkan berbagai strategi mengajar yang sesuai dengan keadaan lingkungan sekolah dan kebutuhan siswa, sehingga dapat meningkatkan ... -
PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI DI SDN TEGALGEDE 03 JEMBER
Putra, Arisda Galih (2017-03-22)Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu bahan kajian terpadu yang merupakan penyederhanaan, adaptasi, seleksi, dan modifikasi yang diorganisasikan dari konsepkonsep atau keterampilan sejarah, geografi, antropologi, dan ... -
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS DI SDN DABASAH 05 BONDOWOSO
Watiningsih, Lesi (2018-07-25)Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan menghargai ... -
Pengaruh Model Project-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Di Sdn Rambipuji 02 Jember
Pitaloka, Yohana (2019-10-11)Kegiatan pembelajaran dalam Kurikulum 2013 tidak hanya menekankan pada ranah kognitif, tetapi juga menekankan pada ranah afektif dan psikomotorik. -
Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III Tema Kegiatan Jual Beli di SDN Kepatihan 06 Jember
Yanti, Linda (2018-12-03)Penggunaan metode yang tepat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Penggunaan metode pembelajaran yang monoton dapat membuat siswa merasa bosan mengikuti pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa ... -
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN ALAT PERAGA PETA DAN GLOBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV POKOK BAHASAN PETA DAN KOMPONENNYA DI SDN SUMBERSARI 01 JEMBER
Wihanda, Yulia (2016-01-28)Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang tergambar pada tempat penelitian SDN Sumbersari 01 Jember yakni pembelajaran di kelas hanya dilakukan dengan metode ceramah dan penugasan, penggunaan alat peraga yang ...