• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (51)xx_1.pdf (697.5Kb)
    Date
    2014-01-17
    Author
    Arif Sandro Dermawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Lumajang masih menggunakan metode konvensional, yaitu berupa metode ceramah. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 pada mata pelajaran tersebut masih belum meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk itu, guru perlu mencoba menerapkan metode dalam proses pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan aktivitas sekaligus hasil belajar siswa adalah metode resitasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode resitasi dan apakah aktivitas dan hasil belajar dapat meningkat sesuai KKM setelah penerapan metode resitasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dari yang pasif menjadi aktif sekaligus hasil belajar siswa sehingga mencapai KKM pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive, yaitu pada kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 3 Lumajang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode resitasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang berupa nilai rata-rata tugas pada mata pelajaran Ekonomi pokok bahasan mengklasifikasikan ketenagakerjaan siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 3 Lumajang. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 4 tergolong Aktif. Secara individu nilai rata-rata tugas siswa sebesar 77,87 yang berarti sudah memenuhi KKM. Ketuntasan secara klasikal, untuk aktivitas belajar siswa belum memenuhi standar ketuntasan, karena baru mencapai 70,59%. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa meningkat dan mencapai kategori Sangat Aktif, sedangkan rata-rata nilai ulangan harian siswa secara individu sebesar 84.62 dan aktivitas belajar sisawa secara klasikal mencapai 82,35% yang berarti seluruhnya telah mencapai standar ketuntasan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/16010
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository