PELAKSANAAN ADMINISTRASI BELANJA NEGARA UNTUK INSTANSI VERTIKAL PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA (KPPN) JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata yang dilaksanakan pada
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) jember, Maka dapat diambil
suatu kesimpulan sebagai berikut:
1. Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jember merupakan
bagian instansi dari departemen keuangan yang merupakan unsur pelaksana
tugas pokok dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Ditjen PBN) yang
melaksanakan sebagaian tugas dari Departemen Keuangan dibidang Anggaran
Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) berdasarkan kebijaksanaan yang
telah ditetapkan oleh Menteri Keuangan.
2. Mengetahui dan memahami secara langsung mengenai Pelaksanaan
Administrasi Belanja Negara Untuk Instansi Vertikal Seperti:
a. pelaksanaan Belanja Negara Untuk Instansi Vertikal;
b. prosedur pengajuan surat perintah membayar (SPM);
c. prosedur pengajuan surat perintah pencairan dana (SP2D);
d. prosedur penerbitan surat keterangan penghentian bembayaran (SKPP).
3. Membantu Pelaksanaan Administrasi Belanja Negara Untuk Instansi seperti:
a. menerima SPM beserta dokumen pendukungnya dari satker.Meneruskan
SPM ke seksi perbendaharaan;
b. melakukan pengujian terhadap SPM untuk kemudian dibuatkan konsep
SP2D.
Collections
- DP-Sectariat Economic [237]