• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN KARTU ANTAR KERJA (AK 1) PADA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGASI KABUPATEN LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub-gdl-olisiyahal-6976-1-olisiyah-h_1.pdf (556.3Kb)
    Date
    2014-01-16
    Author
    Olisiyah Alifah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Seiring dengan perkembangan hidup masyarakat Indonesia yang lebih dinamis menurut adanya peranan dari daerah untuk dapat membangun dirinya sendiri tanpa lagi harus bergantung kepada pemerintah pusat menjadi sebuah awal ditetapkannya penerapan otonomi daerah yang ada di Indonesia. Maka pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan public memberikan pelayanan public merupakan kegiatan yang harus dilakukan secara berkesinambungan, sesuai dengan perkembangan harapan public yang menuntut untuk dilakukan peningkatan kualitas pelayanan public. Hal tersebut sesuai dengan pedoman umum pelayanan penyelenggaraan pelayanan public yang tertera dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No 63/KEP/M.PAN/7/2003, tentang hakekat pelayanan public. Namun kenyataan yang ada di tengah masyarakat bahwa kebijakan untuk mewujudkan sebuah birokrasi yang sempurna dan tidak berpihak dalam penyelenggaraan administrasi dan pemerintahan, ternyata dalam prakteknya banyak mengalami hambatan. Keluhan tersebut terjadi pada salah satu pelayanan yaitu pelayanan pembuatan Kartu Antar Kerja (AK 1) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lumajang. Ketika jumlah pencaker yang sekaligus merupakan jumlah pencari Kartu Antar Kerja (AK 1) mengalami peningkatan seperti pada jumlah angka pencari kerja periode Januari s/d Maret di tahun 2006 mencapai 4450 orang. Kemudian yang menjadi masalah adalah ketika jumlah mencapai angka yang tinggi maka pelayanan yang dirasakan adalah pelayanan yang tidak maksimal. Hal tersebut vii ditunjukkan dengan adanya antrian panjang dengan waktu penyelesaian yang cukup lama bahkan melebihi dari standar penyelesaian pembuatan kartu AK 1. hal inilah yang menjadi fenomena yang menarik sehingga merasa perlu dibahas oleh penulis. Adapun tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui seberapa tinggi Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Antar Kerja (AK 1) di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Lumajang. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Service Quality yakni untuk mengukur tingkat kualitas pelayanan. Dalam mode ini didasarkan pada beberapa item yang dirancang untuk mengukur harapan dan persepsi pelanggan. Kesenjangan antara harapan dan persepsi tersebut dilihat berdasarkan lima dimensi kualitas yang dapat dinilai oleh para pelanggan, yaitu ; Dimensi Bukti Langsung (tangibles), Dimensi Keandalan (reliability), Dimensi Daya Tanggap (responsiveness), Dimensi Jaminan (assurance), Dimensi Empati (emphaty). Adapun hasil penelitian yang diperoleh melalui hasil perhitungan menggunakan model ServQual tersebut diketahui dengan hasil yang positif dengan nilai 0,9. hal ini menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Antar Kerja (AK 1) sangat baik . yang artinya kualitas pelayanan pembuatan kartu AK 1 dapat dipenuhi atau sesuai dengan apa yang dirasakan dan dipersepsikan oleh pelanggan/pemohon
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15495
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5669]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository