Show simple item record

dc.contributor.authorNURUL AZIZAH
dc.date.accessioned2014-01-16T06:30:33Z
dc.date.available2014-01-16T06:30:33Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM060210191226
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15306
dc.description.abstractSelama ini kegiatan belajar mengajar di sekolah penyampaian materi pelajaran dilakukan dengan ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas. Namun komunikasi yang terjadi antara guru dengan siswa masih searah, misalnya guru menerangkan, siswa mendengarkan, guru bertanya dan siswa menjawab. Selain itu, keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar masih kurang. Hal itu dapat dilihat dari sedikitnya siswa yang mau bertanya serta kurangnya perhatian siswa pada materi yang disampaikan oleh guru sehingga di kelas ini masih 35% siswa yang tidak tuntas dari standart ketuntasan belajar 70. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat mengkondisikan siswa untuk dapat membangun sendiri pengetahuannya dan mengembangkan kemampuan memecahkan masalah, sedangkan guru hanya sebagai fasilitator dan motifator adalah pembelajaran reciprocal. Pendekatan reciprocal merupakan pendekatan yang memusatkan perhatian kepada proses berfikir siswa. Dimana dalam pembelajaran reciprocal ada beberapa langkah yang dapat menuntun siswa untuk aktif dalam pembelajaran yaitu: siswa mengajukan pertanyaan, membuat ikhtisar tentang informasi-informasi penting dari bacaan yang sudah dibaca, membuat prediksi dan mencatat hal-hal yang kurang jelas dari bacaan yang ada. Hasil belajar pada penelitian ini adalah kemampuan yang dicapai siswa dalam menyelesaikan tugas, tes akhir serta aktivitas siswa selama pembelajaran. Dari hasil belajar tersebut dapat diketahui ketuntasan belajar dari proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, aktivitas siswa, dan ketuntasan belajar dalam pembelajaran reciprocal dengan penilaian unjuk kerja. Penelitian ini dilakukan di kelas VIIB SMP Negeri 4 Lumajang pada tanggal 19 sampai 30 April 2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Hasil penelitian penerapan pembelajaran reciprocal teaching pokok bahasan segi empat pada siklus pertama belum maksimal, karena siswa masih banyak yang belum mengerti dengan apa yang harus mereka lakukan. Sehingga guru lebih intensif untuk memberikan bimbingan pada siswa. Pada langkah reciprocal, aktivitas memprediksi dan mengklarifikasi yang persentasenya masih belum maksimal. Persentase aktivitas memprediksi mencapai 71.43%, sedangkan persentase aktivitas mengklarifikasi mencapai 73.33%. Hal ini dikarena pembelajarn ini baru pertama kali dilaksanakan di SMP Negeri 4 Lumajang khususnya kelas VIIB. Namun pada siklus kedua penerapan pembelajaran ini mengalami peningkatan, persentase aktivitas memprediksi meningkat dari 71.43% menjadi 90.05%, sedangkan persentase aktivitas memprediksi meningkat dari 73.33% menjadi 86.67%. Hal ini dikarenakan siswa mulai terbiasa dengan pembelajaran ini dibantu dengan bimbingan dari guru(peneliti). Pada siklus pertama aktivitas siswa mencapai 73.61% dikategorikan aktif, dan siklus II mencapai 90.51% dari hasil tersebut siswa dikategorikan sangat aktif. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan aktifitas siswa. Dari hasil belajar pada pembelajaran reciprocal diperoleh ketuntasan belajar siswa secara klasikal dari siklus I sebesar 72.22% dan siklus II sebesar 86.11%, berdasarkan kriteria ketuntasan hasil belajar di SMP Negeri 4 Lumajang pada siklus II dan maka hasil belajar siswa tersebut dikategorikan tuntas. Artinya penerapan pembelajaran reciprocal teaching tersebut telah mencapai ketuntasan hasil belajar. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran reciprocal ini dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 4 Lumajang pada pembelajaran sub pokok bahasan segi empat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210191226;
dc.subjectReciprocal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sub Pokok Bahasan Segi Empat Kelas VIIBen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN RECIPROCAL SUB POKOK BAHASAN SEGI EMPAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIB SEMESTER GENAP SMP NEGERI 4 LUMAJANG TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record