Show simple item record

dc.contributor.authorNu r M az i d ah
dc.date.accessioned2014-01-16T05:26:40Z
dc.date.available2014-01-16T05:26:40Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM090210204068
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/15215
dc.description.abstractS a a t i ni , m ode l pe m be l a j a r a n di duni a pe ndi di ka n s uda h b a n y a k di k e na l , t e r ut a m a di ka l a n g a n pe ndi di k. S a l a h s a t u a l t e r na t i f m ode l pe m be l a j a r a n y a n g i nova t i f a da l a h Pr obl e m Bas e d L e ar ni ng duni a n y a t a unt uk m e m pe r ol e h kons e p y a n g s s e ns i a l da r i m a t e r i pe l a j a r a n. Ha l t e r s e but da pa t m e l a t i h ke m a ndi r i a n s i s wa . Ol e h ka r e na i t u, t uj ua n da r i pe ne l i t i a n i ni a da l a h unt uk m e ng ka j i a da t i da kn y a p e n g a r uh pe ne r a p a n m ode l Pr obl e m Bas e d L e ar ni ng di t e l i t i m e ng g una k a n de s a i n P e ne l i t i a n Ti nda ka n Ke l a s da l a m pe n e l i t i a n i ni a da l a h pe ne l i t i a n e ks pe r i m e nt a l pol a pr e t e s t pos t t e s t c ont r ol gr ou p de s i gn . Te m pa t pe ne l i t i a n di t e nt uka n m e n gg una k a n m e t o de pur pos i v e s ampl i ng a r e a y a i t u di S DN S i doke r t o Ke c a m a t a n B udu r a n Ka bupa t e n S i doa r j o. S u bj e k y a n g di a m bi l y a i t u s e l ur uh s i s wa ke l a s I V y a n g t e r di r i da r i 44 s i s wa da r i ke l a s I VA da n 42 s i s wa da r i ke l a s I V B . J um l a h s e l ur uh s i s wa ke l a s I V y a n g kur a n g da r i 100, m a ka pe ne l i t i a n i ni m e n gg u na ka n p e ne l i t i a n popu l a s i . S e be l um m e ne nt uka n ke l a s e ks pe r i m e n d a n ke l a s k ont r ol , di l a kuka n uj i ho m og e ni t a s b e r d a s a r k a n n i l a i pr e t e s t pokok ba h a s a n s um be r da y a a l a m . H a s i l pe r hi t ung a n uj i hom o g e ni t a s m e nunj ukka n ha r g a = 0 , 8 7 1 , s e l a nj ut n y a ha r ga di kons ul t a s i ka n de ng a n de nga n ha r g a vi i dengan = 1 dan = 84 pada taraf signifikansi 5%. Nilai dengan = 84 memiliki harga 1,99. Hasil tersebut membuktikan bahwa < yang berarti kemampuan awal siswa sebelum dilakukan penelitian homogen. Selanjutnya, kelas IVA ditentukan sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen yang dipilih secara random. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa siswa lebih senang aktif mengikuti pembelajaran dengan model Problem Based Learning Pengujian hipotesis jika > 0,05 maka ditolak, jika < 0,05 maka diterima. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh = 3,647 harga ini kemudian dikonsultasikan dengan dengan db=84, pada taraf signifikansi 5% sehingga memperoleh = 1,99 sehingga > 0,05, dengan demikian hipotesis nihil IPA siswa kelas IV SDN Sidokerto-Sidoarjo ditolak dan hipotesis alternatif Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model Problem Based Learning 3,647. Diharapkan model Problem Based Learningen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries0 9 0210 2 0 4 0 68;
dc.subjectM od e l Pr obl e m B as e d Le ar n i n gen_US
dc.subjectM od e l Pr obl e m B as e d Le ar n i n gen_US
dc.titleP E N G ARUH P E NE RA P A N M O DE L PR OB LE M B A S E D LE A R NI N G S DN S I DO K E RT O S I DO ARJOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record