• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    SISTEM ANTRIAN PENUMPANG DI LOKET STASIUN KERETA API JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    azadyamani_1.pdf (149.4Kb)
    Date
    2014-01-16
    Author
    AZAD YAMANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Antrian adalah suatu garis tunggu dari penumpang (satuan) yang memerlukan layanan dari satu atau lebih pelayan (fasilitas layanan). Berdasarkan teori tingkat kedatangan penumpang mengikuti distribusi Poisson. Distribusi Poisson merupakan salah satu proses stokastik. Jadi, kedatangan penumpang dan masuknya pada sistem antrian tidak dapat diramalkan secara pasti (konstan dan acak). Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui distribusi tingkat kedatangan penumpang di loket stasiun kereta api Jember; (2) untuk mengetahui model antrian penumpang di loket stasiun kereta api Jember; (3) untuk mengetahui kondisi sistem antrian penumpang di loket stasiun kereta api Jember dengan ukuran kinerja pada hari yang berbeda di saat mudik lebaran dan hari-hari biasa. Pengambilan data ini dilakukan pada tanggal 27 Oktober s.d 2 November 2005 (hari-hari mudik) dan pada tanggal 6 s.d 12 Februari 2006 (hari-hari biasa). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi. Dalam penelitian ini, menggunakan 4 observer yang mencatat waktu kedatangan, loket yang didatangi, waktu masuk dan keluar antrian, keluar sistem antrian serta lama pelayanan tiap penumpang. Untuk mendapatkan suatu distribusi tingkat kedatangan penumpang serta lama pelayanan pada hari yang berbeda perlu digunakan uji Goodness of Fit Chi-Square dan One-Sample Komogorov-Smirnov menggunakan SPSS 11.0. Setelah dilakukan pengujian, menghasilkan kesimpulan bahwa tingkat kedatangan penumpang di stasiun kereta api Jember mengikuti distribusi Poisson, sedangkan waktu pelayanan mengikuti distribusi Eksponensial. Berdasarkan hasil uji tersebut dan hasil observasi didapatkan model antrian Kendall-Lee yaitu ( M / M / 1 ) : ( FCFS / 15 / ~ ). Operasional fasilitas pelayanan yang ada sudah optimal, hal ini terbukti dengan λ < μ , kondisi steady-state dan karakteristik ukuran kinerja yang diperoleh adalah rata-rata tingkat kedatangan penumpang pada hari-hari mudik adalah 0,865 orang/menit, sedangkan viii pada hari-hari biasa adalah 0,693 orang/menit. Pada tanggal 12 Februari 2006 di loket 3 dengan keberangkatan kereta api jurusan Surabaya jam 05.00 WIB mengalami tingkat kedatangan penumpang (λ) yang cukup tinggi (2,387 orang/menit), tetapi diimbangi dengan tingkat pelayanan (μ) yang cukup tinggi (3,083 orang/menit), sehingga antrian tidak terlalu panjang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14973
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15364]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository