Show simple item record

dc.contributor.authorHanif Syamsiyah
dc.date.accessioned2014-01-16T02:26:12Z
dc.date.available2014-01-16T02:26:12Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM080210204039
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14964
dc.description.abstractYang melatar belakangi penelitian adalah prestasi belajar siswa kelas V SDN Rebalas 01 yang rendah. Peneliti ingin mengetahui apa yang menjadi penyebab prestasi belajar siswa kelas V rendah.. Rumusan masalah penelitian adalah apakah secara bersama-sama variabel bebas yang terdiri dari jenjang pendidikan dan partisipasi orang tua memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel terikat prestasi belajar siswa kelas V SDN Rebalas 01 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2011/2012 dan apakah secara sendiri-sendiri. variabel bebas yang terdiri dari jenjang pendidikan dan partisipasi orang tua memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel terikat prestasi belajar siswa kelas V SDN Rebalas 01 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui apakah secara bersama-sama variabel bebas yang terdiri dari jenjang pendidikan dan partisipasi orang tua memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel terikat prestasi belajar siswa kelas V SDN Rebalas 01 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2011/2012 dan apakah secara sendiri-sendiri variabel bebas yang terdiri dari jenjang pendidikan dan partisipasi orang tua memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel terikat prestasi belajar si swa kelas V SDN Rebalas 01 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2011/2012. Tingkat pendidikan adalah suatu ukuran yang menjadi tolak ukur keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki seorang individu di masyarakat. Jadi dengan kata lain tingkat atau jenjang pendidikan yang pernah ditempuh masingmasing orang tua dari murid sedikit banyak dapat mempengaruhi pola pikir mereka dalam membimbing anak dalam belajarnya. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Slameto. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasional, dengan penentuan daerah penelitian secara purposive area dan sampel penelitian sebanyak 23 responden. Untuk memperoleh data digunakan metode angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas, reabilitas, analisis regresi l inier berganda, garis regresi uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan nilai F sebesar 104,118 dan untuk nilai F sebesar 3,493 pada taraf signifikansi 5%. Kedua variabel ini secara bersama-sama berpengaruh sebesar 91,23%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa hipotesis kedua diterima Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan variabel jenjang pendidikan diperoleh t = 4,389 > t = 2,086 sebesar 28,99% dan hasil perhitungan variabel partisipasi orang tua diperoleh t = 8,148 > t = 2,086 berpengaruh sebesar 62,24%. Dapat disimpulkan bahwa sebesar 91,23% bagian dari prestasi belaj ar siswa secara bersama-sama dipengaruhi oleh varibel jenjang pendidikan dan partisipasi orang tua dan sebesar 28,99% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh jenjang pendidikan orang tua dan sebesar 62,24% dipengaruhi oleh partisipasi orang tua. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan bagi peneliti diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sebagai bekal setelah lulus S1, bagi siswa diharapkan dapat membangkitkan semangat belajar mereka, bagi orag tua diharapkan dapat meningkatkan perhatian mereka dalam proses belajar anak, bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengembangkan penelitian sejenis dengan memsukkan variabel-variabel lain dan bagi guru/sekolah diharapkan dapat membangun komunikasi yang baik dengan orang tua.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204039;
dc.subjectPrestasi Belajar Siswaen_US
dc.titleHubungan antara Jenjang Pendidikan dan Partisipasi Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Rebalas 01 Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record