Show simple item record

dc.contributor.authorDwi Nugraheni Bastiti
dc.date.accessioned2014-01-16T01:27:05Z
dc.date.available2014-01-16T01:27:05Z
dc.date.issued2014-01-16
dc.identifier.nimNIM060210193153
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14878
dc.description.abstractSelama ini pembelajaran biologi lebih banyak berpusat pada guru sehingga tidak mendorong kreativitas siswa. Guru biologi kebanyakan masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dan monoton sehingga siswa merasa jenuh dengan pola pembelajaran yang sama secara terus-menerus. Sebagian besar siswa kurang tertarik bahkan acuh terhadap pelajaran, banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru sehingga mengurangi motivasi siswa untuk belajar. Siswa pada umumnya enggan mengemukakan pertanyaan ataupun pendapat saat pembelajaran berlangsung. Hal tersebut berdampak pada proses belajar mengajar yang kurang optimal dan rendahnya hasil belajar siswa. Disisi lain guru biologi jarang menggunakan metode eksperimen. Kondisi seperti itu dapat menimbulkan kejenuhan bagi siswa karena pembelajaran yang disajikan kurang menarik sehingga akan berpengaruh pada hasil belajar. Permasalahan yang dapat dirumuskan yaitu adakah peningkatan motivasi dan hasil belajar dengan penerapan metode eksperimen dan gaya belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) menggunakan assessment portofolio pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Situbondo tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Situbondo dengan metode eksperimen dan gaya belajar VAK menggunakan assessment portofolio. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tempat penelitian di SMP Negeri 4 Situbondo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII A semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei 2012. Data-data yang diambil dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Pengukurang motivasi siswa pada penelitian ini menggunakan angket ARCS. Angket ini diberikan pada siklus I dan siklus II. Motivasi yang diukur terdapat 4 aspek terdiri dari Attention, Relevan, Confidence, dan Satisfaction. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tes hasil belajar sebanyak dua kali. Komponen-komponen pokok dalam setiap siklus adalah: perencanaan atau planning, tindakan atau acting, pengamatan atau observing, dan refleksi atau reflecting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi siswa kelas VIII A dengan metode eksperimen dan gaya belajar VAK menggunakan assessment portofolio. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek attention mengalami kenaikan sebesar 3,94. Aspek relevance mengalami peningkatan 3,66. Aspek confidence mengalami peningkatan 4,69. Sedangkan pada aspek satisfaction juga mengalami peningkatan sebesar 4,44. Hasil analisis juga diperoleh bahwa terdapat peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas VIII A dengan metode eksperimen dan gaya belajar VAK menggunakan assessment portofolio. Aspek kognitif dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 4,34 dan ketuntasannya mengalami kenaikan 12,5%. Nilai afektif juga mengalami kenaikan sebesar 4,37 dan ketuntasan sebesar 15,65%. Nilai psikomotorik juga terdapat peningkatan sebesar 3,91 dengan peningkatan ketuntasan sebesar 9,3%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Situbondo dalam penerapan metode eksperimen dengan gaya belajar VAK menggunakan assessment portofolio.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210193153;
dc.subjectMetode Eksperimen, Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik), Assessment Portofolioen_US
dc.titlePENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN GAYA BELAJAR VAK (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK) MENGGUNAKAN ASSESSMENT PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record