Show simple item record

dc.contributor.authorTriyanti Puji Lestari
dc.date.accessioned2014-01-15T07:56:13Z
dc.date.available2014-01-15T07:56:13Z
dc.date.issued2014-01-15
dc.identifier.nimNIM090210204129
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14710
dc.description.abstractPenerapan Strategi KWL Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Curahpoh 02 Bondowoso Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam masih rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional dan penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah strategi pembelajaran KWL, sehingga rumusan masalah yang muncul adalah “Bagaimanakah penerapan strategi KWL yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam pada siswa kelas IV SDN Curahpoh 02 Bondowoso? dan “Bagaimanakah penerapan strategi KWL yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam pada siswa kelas IV SDN Curahpoh 02 Bondowoso?” Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Curahpoh 02 Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012 melalui strategi pembelajaran KWL. Pengambilan data dilaksanakan di SDN Curahpoh 02 Bondowoso, dimulai pada tanggal 2 November 2011 sampai dengan 02 Desember 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Curahpoh 02 Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 20 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Berdasarkan jenisnya, penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas Hasil observasi pada aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPS dengan strategi KWL menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mencapai 66,00%, dan pada siklus II mencapai 76,00%, persentase tersebut termasuk dalam kategori aktif. Persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 10,00% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil jawaban siswa pada saat pra siklus, ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 30,00%, setelah pelaksanaan siklus I, ketuntasan belajar siswa menjadi 65,00%, dan dalam siklus II meningkat menjadi 90,00%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar sebesar 60% dari pra siklus ke siklus II dan 25% dari siklus I ke siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran dengan strategi pembelajaran KWL, dalam pembelajran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Curahpoh 02 Bondowoso tahun pelajaran 2011/2012. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian, melalui penerapan strategi pembelajaran KWL dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPS sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204129;
dc.subjectSUMBER DAYA ALAMen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI KWL DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN CURAHPOH 02 BONDOWOSOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record