Uji Kesukaan (Preferensi) Konsumen Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember Terhadap Suwar – Suwir (Studi Kasus Pada Suwar – Suwir “Rama” Jember)
Abstract
Semakin banyaknya keanekaragaman (diversifikasi) makanan olahan,
maka persaingan produk semakin meningkat. Oleh karena itu, produsen dituntut
harus dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Sebagai ilustrasi,
salah satu jenis makanan olahan ubi kayu yang saat ini banyak berkembang dan
dikenal terutama dikalangan masyarakat Jember adalah suwar-suwir, yang
merupakan produk makanan ringan khas Jember. Data menunjukkan
perkembangan produk olahan makanan suwar – suwir dalam lima tahun
mengalami peningkatan. Menurut Dinas Perindustrian, Perdagangan dan
Penanaman Modal Kabupaten Jember (Tahun 2004) terlihat bahwa pada tahun
2000 jumlah produsen suwar – suwir terdapat 8 perusahaan dengan omzet
mencapai 495 juta /tahun . Dalam kurun lima tahun kemudian omzet mencapai
2,574 Milyar/ tahun dengan jumlah produsen 26 dengan menyerap tenaga kerja
sebanyak 104 tenaga kerja. Hal ini membuat peneliti ingin mengetahui kesukaan
konsumen dengan uji kesukaan (preferensi) terhadap produk suwar-suwir.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesukaan
(preferensi) konsumen mahasiswa terhadap produk suwar-suwir pada berbagai
atribut (warna, aroma, rasa, tekstur, keseluruhan). Dengan menggunakan Metode
Rancangan Kelompok Acak Lengkap ( RKAL / RAKL ) dengan tiga kali ulangan
pada masing-masing perlakuan.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa semua merek produk suwar-suwir
yang diujikan memberikan pengaruh yang berbeda nyata dan signifikan pada
setiap parameter pengamatan. Hal ini didasarkan dengan lebih besarnya nilai
F
hitung
bila dibandingkan dengan nilai F
taraf 1%. Pada nilai F
hitung
tabel
xvi
baik pada probabilitas 5% maupun
atribut produk, yaitu warna (290,699), tekstur
(84,631), rasa (28,071), aroma (72,737) dan keseluruhan (45,780) jika
dibandingkan dengan nilai F
tabel
5% (3,838) nilai F
1% (7,006). Dan pada
perbandingan tingkat kesukaan (preferensi) konsumen nilai tertinggi dicapai
merek Madonna pada pengamatan warna dan aroma sedangkan pada urutan
kedua dicapai oleh produk suwar-suwir “Rama”, sedangkan pada pengamatan
tekstur, rasa dan keseluruhan produk suwar-suwir “Rama berada pada urutan
pertama. Pengaruh masing-masing atribut produk, yaitu meliputi warna, tekstur,
rasa, aroma dan keseluruhan pada berbagai merek suwar-suwir adalah nyata dan
signifikan.