Show simple item record

dc.contributor.authorUlfatun Ainiyah
dc.date.accessioned2013-10-30T05:31:19Z
dc.date.available2013-10-30T05:31:19Z
dc.date.issued2013-10-30
dc.identifier.nimNIM070210204156
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1456
dc.description.abstractRendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di SDN Pejarakan 02 yang mendasari peneliti untuk melaksanakan pembaruan metode pembelajaran agar siswa lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan pengamatan di SDN Pejarakan 02, siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran dan cenderung pasif dan dalam proses belajar mengajar, siswa hanya mendengarkan penjelasan guru, ketika mendapatkan kesulitan dalam belajar siswa tidak pernah mengajukan pertanyaan yang dianggap kurang dimengerti. Akibat proses pembelajaran yang demikian siswa akan merasa bosan dengan materi yang diajarkan karena kurangnya motivasi belajar dalam diri siswa itu sendiri. Hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas IV SDN Pejarakan 02, menunjukkan dari 22 siswa, terdapat 16 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar individual yaitu di bawah standar ketuntasan minimum kelas, sedangkan siswa dikatakan telah mencapai ketuntasan belajar apabila mencapai skor 60, hanya terdapat 6 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar minimal (lampiran F1). Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui pembelajaran Metode Diskusi Kelompok dengan Media Gambar mata pelajaran IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pejarakan 02 Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Pejarakan 02Kecamatan Randuagung, dimulai pada tanggal 18 Agustus 2011 sampai tanggal 10 September 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 22 anak, terdiri dari 14 laki- laki dan 8 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPS, dan dalam memecahkan masalah IPS, serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran IPS siklus I memperhatikan pelajaran 72%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 69%, diskusi dalam kelompok 73%, memecahkan soal diskusi 68%, semangat dalam pembelajaran 72%, sampai pembelajaran siklus II mengalami peningkatan, memperhatikan pelajaran 77%, bertanya dan mengeluarkan pendapat 74%, diskusi dalam kelompok 81%, memecahkan soal diskusi 72%, dan semangat dalam pembelajaran 77%. Hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan belajar kuis pada siklus I secara klasikal sebesar 59.09% dan siklus II secara klasikal sebesar 82%. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar melalui pembelajaran metode diskusi kelompok dengan media gamabar mata pelajaran IPS. Dari hasil penelitian, bila penerapan metode diskusi dan media gambar diterapkan dalam pembelajaran IPS,maka guru hendaknya lebih memperhatikan pengelolaan kelas dan menguasai materi- materi yang disampaikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204156;
dc.subjectMETODE DISKUSI KELOMPOKen_US
dc.titlePENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN PEJARAKAN 02 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record