PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN KENAMPAKAN ALAM PADA SISWA KELAS IV SDN PEJARAKAN 02 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Rendahnya aktivitas dan  hasil  belajar siswa  di  SDN    Pejarakan  02 yang
mendasari  peneliti  untuk  melaksanakan  pembaruan  metode  pembelajaran  agar  siswa
lebih  terlibat  aktif  dalam  proses  pembelajaran.  Berdasarkan  pengamatan  di  SDN
Pejarakan  02,  siswa  kurang  dilibatkan  dalam  proses  pembelajaran  dan  cenderung
pasif dan dalam proses belajar mengajar, siswa hanya mendengarkan penjelasan guru,
ketika  mendapatkan  kesulitan  dalam belajar siswa  tidak  pernah  mengajukan
pertanyaan  yang  dianggap  kurang  dimengerti.  Akibat  proses pembelajaran yang
demikian siswa  akan  merasa  bosan  dengan  materi  yang diajarkan  karena  kurangnya
motivasi belajar dalam diri siswa itu sendiri. Hasil observasi yang dilakukan peneliti
di  kelas  IV  SDN Pejarakan  02,  menunjukkan  dari  22  siswa,  terdapat  16  siswa  yang
belum  mencapai  ketuntasan  belajar  individual  yaitu  di  bawah  standar  ketuntasan
minimum kelas, sedangkan siswa dikatakan telah mencapai ketuntasan belajar apabila
mencapai skor 60, hanya terdapat 6 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar
minimal (lampiran F1).
Penelitian  ini  dilakukan  untuk  meningkatkan  aktivitas  dan hasil belajar
melalui  pembelajaran Metode  Diskusi  Kelompok  dengan  Media  Gambar mata
pelajaran  IPS  siswa kelas  IV  Sekolah  Dasar  Negeri Pejarakan  02 Kecamatan
Randuagung Kabupaten  Lumajang  Tahun  Pelajaran  2011/2012. Pengambilan  data
dalam  penelitian  ini,  dilaksanakan  di  SDN Pejarakan  02Kecamatan Randuagung,
dimulai  pada  tanggal 18  Agustus 2011 sampai  tanggal 10  September 2011,  subyek
penelitian  adalah  siswa  kelas  IV dengan  jumlah  siswa 22 anak,  terdiri  dari 14 laki-
laki dan 8 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan  Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK). Pengumpulan  data  menggunakan  metode
observasi, tes dan wawancara. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa
terhadap,  tes akhir  siklus  I,  dan  tes  akhir  sklus  II,  analisis  aktivitas  siswa  selama
proses pembelajaran IPS, dan dalam memecahkan masalah IPS, serta jawaban siswa
terhadap wawancara yang dilakukan peneliti.
Hasil  analisis  pada  aktivitas  siswa  selama  pembelajaran IPS siklus  I
memperhatikan  pelajaran 72%,  bertanya  dan  mengeluarkan  pendapat 69%, diskusi
dalam kelompok 73%, memecahkan soal diskusi 68%, semangat dalam pembelajaran
72%, sampai  pembelajaran  siklus  II  mengalami  peningkatan, memperhatikan
pelajaran 77%, bertanya  dan  mengeluarkan  pendapat 74%, diskusi  dalam  kelompok
81%, memecahkan soal diskusi 72%, dan semangat dalam pembelajaran 77%. Hasil
analisis  ketuntasan  belajar  siswa  yang  diperoleh  dari  persentase  ketuntasan  belajar
kuis pada siklus I secara klasikal sebesar 59.09% dan siklus II secara klasikal sebesar
82%.
Kesimpulan yang  didapat  dari  hasil  analisis  data  dan  pembahasan  adalah
terjadi  peningkatan  aktivitas  dan  prestasi  belajar  melalui  pembelajaran metode
diskusi  kelompok  dengan  media  gamabar mata pelajaran  IPS. Dari  hasil  penelitian,
bila  penerapan  metode  diskusi  dan  media  gambar  diterapkan  dalam  pembelajaran
IPS,maka  guru  hendaknya  lebih  memperhatikan  pengelolaan  kelas  dan  menguasai
materi- materi yang disampaikan agar kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan
baik.
