• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERSEPSI GURU BIOLOGI KELAS XII SMA NEGERI SE-KABUPATEN JEMBER TENTANG KONSEP MATERI GENETIK DAN EKSPRESI GEN DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub (19)pf_1.pdf (90.93Kb)
    Date
    2014-01-14
    Author
    SASRURIN INDAYATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam kehidupan kita, peran guru sangat besar dalam menyampaikan ilmu yang diperoleh kepada anak didiknya. Oleh karena itu, maka pemahaman guru tentang masalah genetika harus tepat, sehingga tidak menimbulkan kesalahan konsep pada anak didiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru biologi kelas XII SMA Negeri Se-Kabupaten Jember, tentang konsep materi genetic dan ekspresi gen. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Se-Kabupaten Jember, sebanyak 17 sekolah, selama 1 bulan, yaitu pada bulan Maret 2006. Responden dalam penelitian ini diambil secara keseluruhan dari 17 guru biologi yang mengajar di kelas XII SMA Negeri se-Kabupaten Jember. Penentuan responden penelitian didasarkan pada kesanggupan guru biologi dan pihak sekolah SMA Negeri tersebut untuk bekerjasama dalam pelaksanaan penelitian ini. Penelitian dimulai dengan menentukan populasi untuk mengambil data penelitian, setelah itu menentukan responden. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan instrumen yang berupa angket sebagai sumber data primer dan didukung oleh data sekunder dari hasil interviu dan data dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan mengkonversi dalam bentuk prosentase. Analisis data dilaksanakan secara deskriptif kualitatif dalam prosentase. Dalam penelitian ini diperoleh hasil persepsi guru biologi kelas XII SMA Negeri se-Kabupaten Jember tentang konsep materi genetik dan ekspresi gen dalam pembelajaran di sekolah, yaitu 29 % atau 5 guru memiliki kemampuan yang baik, 53 % atau 9 guru memiliki kemampuan yang cukup dan 18 % atau 3 guru memiliki kemampuan yang masih kurang dalam mempersepsikan konsep tersebut dengan benar dan tepat. Mengenai konsep materi genetik, sebagian besar guru sudah dapat mempersepsikan dengan benar dan tepat, kecuali konsep tentang RNA hanya 41 % atau 7 guru saja yang kemampuan dalam mempersepsikannya termasuk dalam kategori baik. Sedangkan tentang ekspresi gen, sebagian besar guru telah dapat mempersepsikan proses sintesis protein dan kode genetik dengan benar dan tepat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14327
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3424]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository