dc.description.abstract | Pendidikan sangat menentukan kualitas kehidupan bangsa. Peran pendidikan
sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai terbuka dan
demokratis. Kualitas pembelajaran harus ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas
hasil pendidikan, sehingga harus ditemukan strategi atau metode yang efektif di kelas,
yang lebih memberdayakan potensi siswa. Salah satu metode yang efektif di kelas
yang lebih memberdayakan potensi siswa adalah metode diskusi dan media gambar.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui
peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi
Kemerdekaan Republik Indonesia melalui penerapan metode diskusi dan media
gambar kelas V semester II SDN Paleran 05 Kecamatan Umbulsari Kabupaten
Jember Tahun Ajaran 2010/2011. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia
melalui penerapan metode diskusi dan media gambar kelas V semester II SDN
Paleran 05 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011.
Pengambilan data dilaksanakan di SD Negeri Paleran 05 mulai tanggal 24
Januari sampai 05 Februari 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa
kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema
dari hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Analisa
data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif.
Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes.
Penelitian ini dilaksanakan dua siklus.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode
diskusi dan media gambar pada siklus I dengan kriteria cukup aktif dan siklus II
dengan kriteria aktif. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I
sebesar 47,2% dan pada siklus II sebesar 77,7%, (2) Pembelajaran IPS menggunakan
metode diskusi dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang
diperoleh dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal
sebesar 58,3% dan siklus II secara klasikal sebesar 75% atau dapat dikatakan tuntas. | en_US |