Show simple item record

dc.contributor.authorTitik Anggraeni
dc.date.accessioned2014-01-13T05:33:30Z
dc.date.available2014-01-13T05:33:30Z
dc.date.issued2014-01-13
dc.identifier.nimNIM080210204180
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/14133
dc.description.abstractPendidikan sangat menentukan kualitas kehidupan bangsa. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai terbuka dan demokratis. Kualitas pembelajaran harus ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas hasil pendidikan, sehingga harus ditemukan strategi atau metode yang efektif di kelas, yang lebih memberdayakan potensi siswa. Salah satu metode yang efektif di kelas yang lebih memberdayakan potensi siswa adalah metode diskusi dan media gambar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia melalui penerapan metode diskusi dan media gambar kelas V semester II SDN Paleran 05 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia melalui penerapan metode diskusi dan media gambar kelas V semester II SDN Paleran 05 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan data dilaksanakan di SD Negeri Paleran 05 mulai tanggal 24 Januari sampai 05 Februari 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema dari hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dan media gambar pada siklus I dengan kriteria cukup aktif dan siklus II dengan kriteria aktif. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 47,2% dan pada siklus II sebesar 77,7%, (2) Pembelajaran IPS menggunakan metode diskusi dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal sebesar 58,3% dan siklus II secara klasikal sebesar 75% atau dapat dikatakan tuntas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204180;
dc.subjectBELAJAR SISWAen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI DAN MEDIA GAMBAR KELAS V SEMESTER II DI SDN PALERAN 05 KEC. UMBULSARI KABUPATEN JEMBER 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record