| dc.description.abstract | Kurangnya  aktivitas  siswa  dalam  pembelajaran  membuat  hasil  belajar  siswa 
juga  menjadi  kurang.  Saat  proses  pembelajaran  IPA  berlangsung  masih  terlihat 
beberapa  siswa  yang  tidak  mencatat  materi  pelajaran  dan  tidak  pernah  bertanya 
tentang  materi  pelajaran  yang  belum  dipahami  baik  kepada  guru  maupun  kepada 
siswa  lainnya,  masih  terdapat  ketidak  fahaman  siswa  pada  pelajaran  yang  diajarkan 
sehingga  menyebabkan  siswa  mengalami  kesalahan  dalam  mengerjakan  soal  –  soal 
yang  diberikan.  Hal  itu  dapat  dilihat  dari  hasil  perolehan  nilai  siswa  yaitu  51,22% 
(sebanyak  21  siswa)  dari  41  siswa  mendapatkan  nilai  di  bawah  70.  Aktivitas  siswa 
yang  kurang  memperhatikan  terhadap  pelajaran  IPA,  mengakibatkan  nilai  mata 
pelajaran IPA juga rendah.  
Rumusan  masalah  dalam  penelitian  ini  adalah  :  1)  bagaimana  peningkatan 
aktivitas  belajar  siswa  kelas  VI  SDN  04  Kaligondo  Genteng  Banyuwangi  melalui 
metode  Buzz  Group  dengan  media  kokami  pada  pelajaran  IPA?.  2)  bagaimana 
peningkatan  hasil  belajar  IPA  siswa  kelas  VI  SDN  04  Kaligondo  Genteng 
Banyuwangi melalui metode Buzz Group dengan media kokami pada pelajaran IPA? 
Untuk  membantu  mengatasi  permasalahan  tersebut  diterapkanlah  metode  Buzz 
Group  dengan  media  kokami  untuk  memudahkan  siswa  dalam  memahami  materi 
pelajaran  sesuai  dengan  kompetensi  dasar  yang  ditetapkan  dan  untuk  meningkatkan 
penguasaan  materi  pelajaran  sehingga  peserta  didik  dapat  belajar  bersama-sama 
dengan  bimbingan  dari  guru  dengan  menumbuhkan  kerjasama,  berfikir  kritis  dalam 
memahami  materi  pelajaran  yang  diajarkan  sehingga  siswa  menjadi  aktif  dalam 
pembelajaran  (aktivitas  siswa  dapat  mengalami  peningkatan)  disertai  dengan 
meningkatnya hasil belejar siswa.  Tujuan  yang  ingin  dicapai  dalam  penelitian  ini  adalah:  1)  mendeskripsikan 
peningkatan  aktivitas  belajar  siswa  kelas  VI  SDN  04  Kaligondo  Genteng 
Banyuwangi  dalam  pembelajaran  IPA  melalui    metode  Buzz  Group  dengan  media 
kokami.  2)  mendeskripsikan  peningkatan  hasil  belajar  IPA  siswa  kelas  VI  SDN  04 
Kaligondo Genteng Banyuwangi melalui  metode Buzz Group dengan media kokami. 
Dengan  penelitian  ini  diharapkan  dapat  memberikan  menfaat  bagi  guru,  siswa, 
sekolah dan peneliti.  
Penelitian  ini  dilakukan  di  SDN  04  Kaligondo  kelas  VI  yang  berjumlah  41 
siswa.  Jenis  penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian  tindakan  kelas  (PTK). 
Penelitian dilakukan dengan 2 siklus, dengan menggunakan empat tahap dalam setiap 
siklusnya yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tingkat keaktifan 
dan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan menggunakan analisis data. Data yang 
diperoleh dikumpulkan dengan beberapa cara yaitu melalui wawancara, observasi, tes 
dan juga dokumentasi. 
Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  sebagai  berikut  :  (1) 
penggunaan  metode buzz group dengan  media  kokami dapat meningkatkan aktivitas 
belajar  siswa  kelas  VI  SDN  04  Kaligondo  pada  mata  pelajaran  IPA.  Peningkatan 
aktivitas  belajar  siswa  dapat  dilihat  dari  meningkatnya  jumlah  siswa  yang  aktif  dari 
18 siswa (43,91%) pada siklus I menjadi 36 siswa (87,81%) pada siklus II. (2) Hasil 
belajar  siswa  mengalami  peningkatan,  hal  ini  dapat  dilihat  pada  ketuntasan  klasikal 
pada pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I dari 41 siswa terdapat 28 siswa 
yang  tuntas  dengan  persentase  68,29%  dan  pada  siklus  II  dari  28  siswa  yang  tuntas 
meningkat  menjadi  33  siswa  dengan  persentase  80,49%.  Dari  penelitian  ini  saran 
yang  dapat  diberikan  adalah,  guru  hendaknya  membiasakan  siswa  belajar  secara 
berkelompok  agar  siswa  terbiasa  untuk  bekerja  sama  dengan  siswa  lain,  siswa  yang 
mengalami  kesulitan  hendaknya  diberikan  suatu  bimbingan  secara  individu  agar 
siswa lebih memahami materi. | en_US |