dc.description.abstract | Kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran membuat hasil belajar siswa
juga menjadi kurang. Saat proses pembelajaran IPA berlangsung masih terlihat
beberapa siswa yang tidak mencatat materi pelajaran dan tidak pernah bertanya
tentang materi pelajaran yang belum dipahami baik kepada guru maupun kepada
siswa lainnya, masih terdapat ketidak fahaman siswa pada pelajaran yang diajarkan
sehingga menyebabkan siswa mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal – soal
yang diberikan. Hal itu dapat dilihat dari hasil perolehan nilai siswa yaitu 51,22%
(sebanyak 21 siswa) dari 41 siswa mendapatkan nilai di bawah 70. Aktivitas siswa
yang kurang memperhatikan terhadap pelajaran IPA, mengakibatkan nilai mata
pelajaran IPA juga rendah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimana peningkatan
aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 04 Kaligondo Genteng Banyuwangi melalui
metode Buzz Group dengan media kokami pada pelajaran IPA?. 2) bagaimana
peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 04 Kaligondo Genteng
Banyuwangi melalui metode Buzz Group dengan media kokami pada pelajaran IPA?
Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut diterapkanlah metode Buzz
Group dengan media kokami untuk memudahkan siswa dalam memahami materi
pelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang ditetapkan dan untuk meningkatkan
penguasaan materi pelajaran sehingga peserta didik dapat belajar bersama-sama
dengan bimbingan dari guru dengan menumbuhkan kerjasama, berfikir kritis dalam
memahami materi pelajaran yang diajarkan sehingga siswa menjadi aktif dalam
pembelajaran (aktivitas siswa dapat mengalami peningkatan) disertai dengan
meningkatnya hasil belejar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan
peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 04 Kaligondo Genteng
Banyuwangi dalam pembelajaran IPA melalui metode Buzz Group dengan media
kokami. 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 04
Kaligondo Genteng Banyuwangi melalui metode Buzz Group dengan media kokami.
Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan menfaat bagi guru, siswa,
sekolah dan peneliti.
Penelitian ini dilakukan di SDN 04 Kaligondo kelas VI yang berjumlah 41
siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian dilakukan dengan 2 siklus, dengan menggunakan empat tahap dalam setiap
siklusnya yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tingkat keaktifan
dan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan menggunakan analisis data. Data yang
diperoleh dikumpulkan dengan beberapa cara yaitu melalui wawancara, observasi, tes
dan juga dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1)
penggunaan metode buzz group dengan media kokami dapat meningkatkan aktivitas
belajar siswa kelas VI SDN 04 Kaligondo pada mata pelajaran IPA. Peningkatan
aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang aktif dari
18 siswa (43,91%) pada siklus I menjadi 36 siswa (87,81%) pada siklus II. (2) Hasil
belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada ketuntasan klasikal
pada pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I dari 41 siswa terdapat 28 siswa
yang tuntas dengan persentase 68,29% dan pada siklus II dari 28 siswa yang tuntas
meningkat menjadi 33 siswa dengan persentase 80,49%. Dari penelitian ini saran
yang dapat diberikan adalah, guru hendaknya membiasakan siswa belajar secara
berkelompok agar siswa terbiasa untuk bekerja sama dengan siswa lain, siswa yang
mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu bimbingan secara individu agar
siswa lebih memahami materi. | en_US |