• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE BUZZ GROUP DENGAN MEDIA KOKAMI PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VI SDN 04 KALIGONDO GENTENG BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Irawati_001.pdf (152.9Kb)
    Date
    2013-10-25
    Author
    Irawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran membuat hasil belajar siswa juga menjadi kurang. Saat proses pembelajaran IPA berlangsung masih terlihat beberapa siswa yang tidak mencatat materi pelajaran dan tidak pernah bertanya tentang materi pelajaran yang belum dipahami baik kepada guru maupun kepada siswa lainnya, masih terdapat ketidak fahaman siswa pada pelajaran yang diajarkan sehingga menyebabkan siswa mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal – soal yang diberikan. Hal itu dapat dilihat dari hasil perolehan nilai siswa yaitu 51,22% (sebanyak 21 siswa) dari 41 siswa mendapatkan nilai di bawah 70. Aktivitas siswa yang kurang memperhatikan terhadap pelajaran IPA, mengakibatkan nilai mata pelajaran IPA juga rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 04 Kaligondo Genteng Banyuwangi melalui metode Buzz Group dengan media kokami pada pelajaran IPA?. 2) bagaimana peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 04 Kaligondo Genteng Banyuwangi melalui metode Buzz Group dengan media kokami pada pelajaran IPA? Untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut diterapkanlah metode Buzz Group dengan media kokami untuk memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang ditetapkan dan untuk meningkatkan penguasaan materi pelajaran sehingga peserta didik dapat belajar bersama-sama dengan bimbingan dari guru dengan menumbuhkan kerjasama, berfikir kritis dalam memahami materi pelajaran yang diajarkan sehingga siswa menjadi aktif dalam pembelajaran (aktivitas siswa dapat mengalami peningkatan) disertai dengan meningkatnya hasil belejar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 04 Kaligondo Genteng Banyuwangi dalam pembelajaran IPA melalui metode Buzz Group dengan media kokami. 2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 04 Kaligondo Genteng Banyuwangi melalui metode Buzz Group dengan media kokami. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan menfaat bagi guru, siswa, sekolah dan peneliti. Penelitian ini dilakukan di SDN 04 Kaligondo kelas VI yang berjumlah 41 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dengan 2 siklus, dengan menggunakan empat tahap dalam setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan menggunakan analisis data. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan beberapa cara yaitu melalui wawancara, observasi, tes dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) penggunaan metode buzz group dengan media kokami dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 04 Kaligondo pada mata pelajaran IPA. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang aktif dari 18 siswa (43,91%) pada siklus I menjadi 36 siswa (87,81%) pada siklus II. (2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat pada ketuntasan klasikal pada pelaksanaan siklus I dan siklus II. Pada siklus I dari 41 siswa terdapat 28 siswa yang tuntas dengan persentase 68,29% dan pada siklus II dari 28 siswa yang tuntas meningkat menjadi 33 siswa dengan persentase 80,49%. Dari penelitian ini saran yang dapat diberikan adalah, guru hendaknya membiasakan siswa belajar secara berkelompok agar siswa terbiasa untuk bekerja sama dengan siswa lain, siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu bimbingan secara individu agar siswa lebih memahami materi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1410
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository