Show simple item record

dc.contributor.authorDWI NURJAYANTI
dc.date.accessioned2013-10-23T03:09:05Z
dc.date.available2013-10-23T03:09:05Z
dc.date.issued2013-10-23
dc.identifier.nimNIM080210204254
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1393
dc.description.abstractLatar belakang dari penelitian tindakan ini berdasarkan hasil observasi awal di lapangan, peneliti mengobservasi kegiatan pembelajaran membaca permulaan yang dilakukan oleh guru kelas I SDN Gebang 03 dan mengobservasi aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran membaca permulaan. Hasil observasi pada pembelajaran ini adalah keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Gebang 03 masih rendah, dari 33 siswa ada 23 siswa yang belum bisa membaca dengan benar, kurang lancar (masih mengeja), dan suara tidak nyaring. Berdasarkan observasi dan wawancara dari siswa bahwa pelajaran bahasa Indonesia kurang menarik dan membosankan. Dipandang dari segi guru, kurangnya keterampilan membaca permulaan disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru hanya ceramah kepada siswa. Hal lain dapat disebabkan karena guru kurang tepat dalam penggunaan media. Salah satu media pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk belajar adalah dengan media pembelajaran kartu kata. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Gebang 03, (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Gebang 03 setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Gebang 03, meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Gebang 03 setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis kuantitaif. Hasil penelitian diperoleh dari penerapan media kartu kata dalam pembelajaran keterampilan membaca permulaan. Melalui media kartu kata siswa mampu membaca dengan benar dan lancar. Kemampuan siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata bergambar adalah meningkat, tingkat ketuntasan pada siklus I mencapai 60,6%. Pada siklus II menjadi 93,9%. Peningkatan tingkat ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa secara klasikal penerapan media kartu kata berhasil membuat siswa aktif selama pembelajaran berlangsung. Saran yang ingin disampaikan yaitu guru SD khususnya guru kelas I, jika menggunakan media kartu kata hendaknya mempersiapkan materi dengan baik dengan pengaturan alokasi waktu yang efektif. Mahasiswa calon peneliti, hendaknya sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu menguasai materi, memperkuat referensi maupun metodologi yang akan digunakan dalam penelitian.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204254;
dc.subjectKETERAMPILAN MEMBACA PERMULAANen_US
dc.titleMENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS I DI SDN GEBANG 03 TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record