• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION DISERTAI ANIMASI MACROMEDIA FLASHPADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 9 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Wiwit Ari Transulriniasi_1.pdf (1.209Mb)
    Date
    2014-01-07
    Author
    Wiwit Ari Transulriniasi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yang sudah ditetapkan yaitu siswa kelas VII-A SMP Negeri 9 Jember dan dilaksanakan pada tanggal 06 Desember sampai 08 Desember 2012. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siklus Hopkins. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Data yang didapatkan adalah hasil belajar fisika siswa dari siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Hasil analisis data dan observasi siklus 1 hingga siklus 3 menunjukkan bahwa penerapan Model Problem-Based Instruction disertai animasi macromedia flash telah berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa di kelas VII-A SMP Negeri 9 Jember. Untuk aktivitas bertanya ataupun menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal di depan sebelum diberikan tindakan masuk dalam kriteria kurang dan setelah dilakukan tindakan masuk dalam kriteria sedang. Kemudian pada aktivitas mencatat dan mengerjakan tugas sebelum dilakukan tindakan masuk dalam kriteria sedang setelah dilakukan tindakan masuk dalam kriteria baik. Peningkatan hasil belajar terjadi setelah dilakukannya tindakan pada siklus I yaitu sebesar 0,39 dengan kategori sedang. Kemudian setelah dilakukan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dari setelah dilakukannya refleksi pada siklus sebelumnya yaitu sebesar 0,33 dan setelah dilakukan siklus III terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 0,31. Presentase ketuntasan hasil belajar fisika juga meningkat seiring meningkatnya aktivitas belajar fisika siswa. Presentase ketuntasan hasil belajar fisika meningkat dari 61,90% pada siklus 1 menjadi 76,19% pada siklus 2 dan 80,95% pada siklus 3. Pada siklus 1 kelas belum dikatakan tuntas kemudian pada siklus 2 dan siklus 3 kelas sudah dapat dikatakan tuntas karena telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal di SMP Negeri 9 Jember yaitu jumlah siswa yang tuntas secara klasikal ≥ 70%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 yang berarti penerapan model Problem-Based Instruction disertai animasi macromedia flash dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih memahami konsep dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13783
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository