Show simple item record

dc.contributor.authorSUHDI
dc.date.accessioned2014-01-07T02:04:47Z
dc.date.available2014-01-07T02:04:47Z
dc.date.issued2014-01-07
dc.identifier.nimNIM070210192134
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13777
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VIII A SMP 1 Negeri Wonosari tahun ajaran 2012/2013 yang dimulai tanggal 16 Oktober 2012 sampai 20 November 2012. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Data hasil analisis memperlihatkan bahwa prosentase aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu masingmasing 71.84% dan 85.82%. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 82.76%, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 24 siswa dan yang tidak tuntas secara individu sebanyak 5 siswa. Sedangkan analisis hasil belajar pada siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 93.1%, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 27 siswa dan yang tidak tuntas secara individu sebanyak 2 siswa. Berdasarkan pada hasil dan analisis data yang ditunjukkan pada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa pembelajar menggunakan model Cooperative Learning Tipe student teams achievement division (STAD) dengan performance assessment dalam pembelajaran IPA fisika SMP Negeri 1 Wonosari dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2012/2013.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192134;
dc.subjectSTAD, Performance Assessment, pembelajaran IPA fisikaen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA SMP NEGERI 1 WONOSARIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record