Show simple item record

dc.contributor.authorSugiani
dc.date.accessioned2014-01-07T02:02:13Z
dc.date.available2014-01-07T02:02:13Z
dc.date.issued2014-01-07
dc.identifier.nimNIM080210102010
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13776
dc.description.abstractPada penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan metode eksperimen pada pembelajaran fisika kelas XI IPA 3 SMAN 1 Panji?, (2) Bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan metode eksperimen pada pembelajaran fisika kelas XI IPA 3 SMAN 1 Panji?. Berdasakan rumusan masalah di atas adapun tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa setelah penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan metode eksperimen pada pembelajaran fisika siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Panji, 2) Untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan metode eksperimen pada pembelajaran fisika siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Panji. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subjek penelitian sudah ditetapkan di kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 1 Panji yang dimulai tanggal 28 Nopember 2012 sampai dengan 12 Desember 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar pada pra siklus, siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa yang berdasarkan hasil observasi dengan instrumen observasi. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil post test. Aktivitas belajar dan ketuntasan belajar fisika siswa dari pra siklus, siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Aktifitas belajar siswa yang meliputi bertanya, berdiskusi, mendengarkan penjelasan guru, menjawab pertanyaan, bekerjasama dalam melaksanakan eksperimen dan menganalisis data. Berdasarkan analisis ketuntasan hasil belajar fisika pada pra siklus diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika secara clasical sebesar 40%. Pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 60%. Siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 76,7%. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum teaching dengan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 1 Panji.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102010;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Model Quantum Teaching, Quisenaire Gattegnoen_US
dc.subjectQuantum Teaching, Metode Eksperimen, Hasil Belajar Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA 3 SMAN 1 PANJIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record