• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI IPA 3 SMAN 1 PANJI

    Thumbnail
    View/Open
    Sugiani_1.pdf (978.9Kb)
    Date
    2014-01-07
    Author
    Sugiani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan metode eksperimen pada pembelajaran fisika kelas XI IPA 3 SMAN 1 Panji?, (2) Bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan metode eksperimen pada pembelajaran fisika kelas XI IPA 3 SMAN 1 Panji?. Berdasakan rumusan masalah di atas adapun tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa setelah penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan metode eksperimen pada pembelajaran fisika siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Panji, 2) Untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran quantum teaching dengan metode eksperimen pada pembelajaran fisika siswa kelas XI IPA 3 SMAN 1 Panji. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subjek penelitian sudah ditetapkan di kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 1 Panji yang dimulai tanggal 28 Nopember 2012 sampai dengan 12 Desember 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar pada pra siklus, siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa yang berdasarkan hasil observasi dengan instrumen observasi. Ketuntasan hasil belajar fisika siswa diperoleh dari hasil post test. Aktivitas belajar dan ketuntasan belajar fisika siswa dari pra siklus, siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Aktifitas belajar siswa yang meliputi bertanya, berdiskusi, mendengarkan penjelasan guru, menjawab pertanyaan, bekerjasama dalam melaksanakan eksperimen dan menganalisis data. Berdasarkan analisis ketuntasan hasil belajar fisika pada pra siklus diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika secara clasical sebesar 40%. Pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 60%. Siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar fisika siswa secara klasikal sebesar 76,7%. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum teaching dengan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 1 Panji.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13776
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository