• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN SIFAT DAN POKOK BAHASAN WUJUD BENDA MELALUI METODE PENEMUAN (DISCOVERY)PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 BAGOREJO KECAMATAN SRONO KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi1_Azizunnisa_001.pdf (224.3Kb)
    Date
    2013-10-22
    Author
    Azizunnisa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Observasi awal menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 02 Bagorejo masih kurang. Dari segi metode yang digunakan oleh guru, metode yang digunakan kurang bervariasi yaitu ceramah dan penugasan. Selain itu siswa jarang sekali mendapatkan kesempatan untuk melakukan percobaan atau pengamatan dalam rangka menemuakan sendiri informasi. Pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung dan kegiatan praktis untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Dengan demikian, metode Discoverymerupakan alternatif yang cocok untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 02 Bagorejo pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat dan wujud benda Tahun Pelajaran 2010/2011. Metode penemuan (Discovery) adalah prosedur pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk dapat memanipulasi objek, melakukan percobaan, pengamatan, membuat analisis serta menyimpulkan hasil pengamatan. Dengan demikian, pengetahuan yang diperoleh siswa dapat tahan lama dalam ingatan siswa. Berdasarkan alasan yang telah dikemukakan, penelitian ingin mengangkat permasalahan: Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN 02 Bagorejo pada mata pelajaran IPApokok bahasan sifat dan wujud benda melalui metode penemuan (Discovery)? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN 02 Bagorejo pada mata pelajaran IPA pokok bahasn sifat dan wujud benda melalui metode penemuan (Discovery. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa selama pembelajaran yang menggunakan metode Discovery sangat baik, pelaksanaan ditiap siklusnya menunjukkan peningkatan. Pada siklus I pertemuan 1 persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 70,3% meningkat menjadi 71,8% pada pertemuan 2, sedangkan pada siklus II persentase rata-rata meningkat menjadi 76,5. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari tahap prasiklus sampai kesiklus akhir yaitu siklus II. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa adalah 57,5, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 77,5. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa kelas IV meningkat lagi menjadi 84,2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Discovery dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasn sifat dan wujud benda pada siswa kelas IV SDN 02 Bagorejo tahun Pelajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran, bagi guru: penerapan metode Discoverydapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi sekolah, hasil penelitian tentang metode Discovery dapat digunakan sebagai sarana informasi alternative metode pembelajaran IPA yang efektif guna meningkatkan mutu pendidikan. Bagi peneliti lain, perlu pelaksanaan penelitian lebih lanjut mengenai metode Discovery serta mengkombinasikan dengan metode lain agar tujuan pembelajaran tercapai.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1373
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository