Show simple item record

dc.contributor.authorAGUSTIN KURNIASIH
dc.date.accessioned2013-10-22T06:30:32Z
dc.date.available2013-10-22T06:30:32Z
dc.date.issued2013-10-22
dc.identifier.nimNIM080210204279
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1370
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Mojo 02, aktivitas belajar siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah pembelajaran yang kurang variatif, penggunaan metode ceramah dan tanya jawab, penggunaan media dan alat peraga yang kurang menarik, serta pembelajaran IPA yang masih menekankan pada konsep-konsep yang ada di dalam buku paket. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata IPA yaitu melalui model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan pendekatan SAVI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan fungsi alat-alat tubuh pada siswa kelas V SDN Mojo 02 Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012 melalui model Cooperative Learning dengan pendekatan Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI)?; (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan fungsi alat- alat tubuh pada siswa kelas V SDN Mojo 02 Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012 melalui model Cooperative Learning dengan pendekatan Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI)? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk peningkatan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan fungsi alat-alat tubuh pada siswa kelas V SDN Mojo 02 Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012 melalui model Cooperative Learning dengan pendekatan Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI); (2) Untuk peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan fungsi alat-alat tubuh pada siswa kelas V SDN Mojo 02 Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012 melalui model Cooperative Learning dengan pendekatan Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI). Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V dengan jumlah 26 siswa yang terdiri atas 15 laki-laki dan 11 perempuan di SDN Mojo 02 Padang, Lumajang. Sumber data yaitu guru kelas V dan siswa kelas V SDN Mojo 02, referensi, dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah PTK dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data hasil observasi pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa secara individu yaitu 57,69% sedangkan secara klasikal yaitu 63,7%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 76,92% sedangkan secara klasikal sebesar 72,59%. Pada siklus I hasil belajar siswa secara individu sebesar 57,69% sedangkan secara klasikal sebesar 63,08% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 73,08% sedangkan secara klasikal sebesar 70,77%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI pada mata pelajaran IPA dengan materi alat pernapasan manusia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Mojo 02, Padang, Lumajang. Saran bagi guru yaitu sebaiknya guru dapat mengembangkan suatu pembelajaran yang inovatif dan sekolah hendaknya dapat memberikan dukungan. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih lanjut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204279;
dc.subjectCooperative Learning, Pendekatan Somatik, Auditori, Visual, dan Intelektual (SAVI)en_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN FUNGSI ALAT-ALAT TUBUH MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS V SDN MOJO 02 KECAMATAN PADANG KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record