• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN FUNGSI ALAT-ALAT TUBUH MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN SOMATIK, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL (SAVI) PADA SISWA KELAS V SDN MOJO 02 KECAMATAN PADANG KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Agustin Kurniasih_001.pdf (126.1Kb)
    Date
    2013-10-22
    Author
    AGUSTIN KURNIASIH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Mojo 02, aktivitas belajar siswa tergolong rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah pembelajaran yang kurang variatif, penggunaan metode ceramah dan tanya jawab, penggunaan media dan alat peraga yang kurang menarik, serta pembelajaran IPA yang masih menekankan pada konsep-konsep yang ada di dalam buku paket. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata IPA yaitu melalui model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan pendekatan SAVI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan fungsi alat-alat tubuh pada siswa kelas V SDN Mojo 02 Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012 melalui model Cooperative Learning dengan pendekatan Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI)?; (2) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan fungsi alat- alat tubuh pada siswa kelas V SDN Mojo 02 Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012 melalui model Cooperative Learning dengan pendekatan Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI)? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk peningkatan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan fungsi alat-alat tubuh pada siswa kelas V SDN Mojo 02 Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012 melalui model Cooperative Learning dengan pendekatan Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI); (2) Untuk peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan fungsi alat-alat tubuh pada siswa kelas V SDN Mojo 02 Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2011/2012 melalui model Cooperative Learning dengan pendekatan Somatik, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI). Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V dengan jumlah 26 siswa yang terdiri atas 15 laki-laki dan 11 perempuan di SDN Mojo 02 Padang, Lumajang. Sumber data yaitu guru kelas V dan siswa kelas V SDN Mojo 02, referensi, dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah PTK dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data hasil observasi pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa secara individu yaitu 57,69% sedangkan secara klasikal yaitu 63,7%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 76,92% sedangkan secara klasikal sebesar 72,59%. Pada siklus I hasil belajar siswa secara individu sebesar 57,69% sedangkan secara klasikal sebesar 63,08% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 73,08% sedangkan secara klasikal sebesar 70,77%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI pada mata pelajaran IPA dengan materi alat pernapasan manusia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Mojo 02, Padang, Lumajang. Saran bagi guru yaitu sebaiknya guru dapat mengembangkan suatu pembelajaran yang inovatif dan sekolah hendaknya dapat memberikan dukungan. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih lanjut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1370
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository