Show simple item record

dc.contributor.authorLisa Nesmaya
dc.date.accessioned2013-12-30T01:40:53Z
dc.date.available2013-12-30T01:40:53Z
dc.date.issued2013-12-30
dc.identifier.nimNIM080210102052
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13698
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tempat penelitian dilaksanakan di MA Negeri 2 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas pada kelas X. Penentuan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test. Teknik dan instrumen pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T Test program SPSS 16. Berdasarkan uji Independent Samples t test menggunakan program SPSS 16 diperoleh hasil nilai thitung 3.406 dibandingkan dengan nilai ttabel 1,99, thitung > ttabel, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Jadi ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar fisika siswa antara yang menggunakan strategi konflik kognitif disertai teknik peta konsep dengan yang tidak menggunakan strategi konflik kognitif disertai teknik peta konsep. Demikian halnya dengan aktivitas belajar siswa diperoleh prosentase aktivitas belajar secara klasikal sebesar 79.64% di kelas eksperimen sedangkan di kelas kontrol sebesar 47.62% sehingga kelas kontrol lebih aktif. Adapun sebagai data pendukung, yaitu prosentase penilaian kognitif proses di kelas eksperimen adalah 82.10%, prosentase penilaian afektif di kelas eksperimen adalah 84,26% sedangkan di kelas kontrol adalah 62.08%. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara yang menggunakan strategi konflik kognitif disertai teknik peta konsep dengan yang tidak menggunakan strategi konflik kognitif disertai teknik peta konsep dalam pembelajaran fisika, (2) aktivitas belajar siswa selama menggunakan strategi konflik kognitif disertai teknik peta konsep lebih aktif daripada yang tidak menggunakan strategi konflik kognitif disertai teknik peta konsep dalam pembelajaran fisika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210102052;
dc.subjectStrategi Konflik Kognitif, Teknik Peta Konsep, Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DISERTAI TEKNIK PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record