• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) DISERTAI MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Lailati Mukharomah_1.pdf (742.7Kb)
    Date
    2013-12-30
    Author
    Lailati Mukharomah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data menggunakan rumus N-gain untuk menjawab rumusan masalah yang pertama sampai keempat, untuk rumusan masalah yang kelima menggunakan uji t two tail dua pihak. Berdasarkan hasil analisis peningkatan kemampuan representasi gambar, grafik, matematik, dan verbal siswa berturut-turut adalah 0,73; 0,60; 0,69; dan 0,61. Berdasarkan hasil analasis dengan perhitungan menggunakan uji t dapat dilihat bahwa pada tiap pertemuan dengan db = 33 pada taraf signifikansi 0,05 (5%) diperoleh nilai ttest = 20,086 ; 28,367; dan 26,657. Hal ini berarti, nilai ttest > ttabel, di mana nilai ttabel untuk db = 33 dan taraf signifikansi 0,05 (5%) adalah 2,035, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi untuk meningkatkan kemampuan multirepresentasi siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Peningkatan representasi verbal siswa menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi tergolong tinggi dengan tingkat Ngain sebesar 0,73. (2) Peningkatan representasi matematik siswa menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi tergolong sedang dengan tingkat Ngain sebesar 0,60. (3) Peningkatan representasi gambar siswa menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi tergolong sedang dengan tingkat Ngain sebesar 0,69. (4) Peningkatan representasi grafik siswa menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi tergolong sedang dengan tingkat Ngain sebesar 0,61. (5) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi, yakni hasil belajar siswa setelah menggunakan model kooperatif tipe GI (Group Investigation) disertai media animasi lebih tinggi daripada sebelum pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13687
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository