PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE MENGGUNAKAN MEDIA SURAT KABAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS XI SMK AL-MUTTAQIN JEMBER
Abstract
Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  belum  memadainya  kemampuan  siswa
kelas XI SMK Al-Muttaqin dalam menulis karangan argumentasi. Pada umumnya
kelemahan tersebut terletak  pada  pengungkapan  pendapat,  adanya  bukti-bukti
dalam  mendukung  pendapatnya,  serta  siswa  kurang  mampu  mengembangkan
karangannya.  Hasilnya,    penilaian  terhadap  tugas  menulis karangan argumentasi
yang dilakukan pada siswa kelas XI, diperoleh hasil bahwa 60% dari jumlah siswa
memperoleh  nilai  di  bawah  70  dan 40% siswa  memperoleh  di  atas  70. Penilaian
tugas  tersebut  didasarkan  pada indikator  yang  terdapat  di  RPP  meliputi  adanya
pendapat  siswa,  bukti-bukti  pendukung gagasan,  serta  siswa  mampu
mengembangkan  kerangka  karangannya. Selain  dari  nilai  yang  diperoleh,
ketidakmampuan  siswa  dalam  menulis argumentasi dapat  dilihat  dari  proses
pembelajaran  yang  kurang  efektif.  Pertama,  guru  hanya  menggunakan  metode
ceramah.  Kedua,  siswa  cenderung  diam  dan  tidak  aktif. Ketiga,  media  yang
digunakan  dalam  pembelajaran  terbatas  pada  buku  paket. Untuk  meningkatkan
kemampuan  siswa  dalam  menulis karangan argumentasi maka diterapkan
pembelajaran model Think Pair Share menggunakan media surat kabar.
Berdasarkan  latar  belakang  di  atas, permasalahan  yang  dibahas  dalam
penelitian  ini  meliputi bagaimanakah  proses  penerapan  pembelajaran  kooperatif
model Think  Pair  Share menggunakan  media  surat  kabar  untuk  meningkatkan
kemampuan  menulis  karangan  argumentasi  pada    siswa kelas  XI  SMK  Al-
Muttaqin  Jember  dan bagaimanakah  peningkatan  kemampuan  menulis  karangan
argumentasi  pada  siswa  kelas  XI  SMK  Al-Muttaqin  Jember  setelah  diterapkan
pembelajaran  kooperatif  model Think  Pair  Share menggunakan  media  surat kabar. Sesuai  dengan  permasalahan  penelitian,  tujuan  yang  ini  dicapai  adalah
mendiskripsikan proses  penerapan  pembelajaran  kooperatif  model Think  Pair
Share menggunakan media surat kabar untuk meningkatkan kemampuan menulis
karangan  argumentasi  pada    siswa kelas  XI  SMK  Al-Muttaqin  Jember  dan
mendeskripsikan peningkatan  kemampuan  menulis  karangan  argumentasi  pada
siswa  kelas  XI  SMK  Al-Muttaqin  Jember  setelah  diterapkan  pembelajaran
kooperatif model Think Pair Share menggunakan media surat kabar.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode
pengumpulan  data  melalui tes, observasi, dokumentasi, perekaman dan
wawancara.  Pengambilan  data  dilakukan mulai  tanggal  21  Juli  2011 sampai
dengan 30  Juli  2011 dengan  subjek  penelitian  siswa  kelas XI  SMK  Al-Muttaqin
Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa.
Hasil  dalam  penelitian  ini,  kemampuan  menulis  argumentasi    dengan
penerapan Think Pair  Share menggunakan  media  surat  kabar  mengalami
peningkatan. Pada  prasiklus  ketuntasan  hasil  belajar  siswa  16%,  pada  siklus  I
meningkat  53% dan  pada  siklus  II juga  meningkat  89% sehingga  secara klasikal
memenuhi  Kriteria  Ketuntasan  Minimal  (KKM) SMK  Al-Muttaqin  Jember. Hal
ini ditunjang keaktifan guru yang meningkat dari 80% menjadi 93%. Proses Think
Pair  Share juga  meningkat  dari  78%  menjadi  95%  dan  keaktifan  siswa  juga
meningkat  dari  89%  menjadi  95%. Kesimpulan  dari  penelitian  ini  adalah  siswa
mengalami  peningkatan  aktivitas  dan  hasil  belajar  pada  pokok  bahasan menulis
karangan argumentasi.
Saran  yang  diberikan  yaitu bagi  peneliti  selanjutnya, sebaiknya dijadikan
sebagai  masukan  untuk  mengembangkan  penelitian  selanjutnya  dengan
menggunakan Think  Pair Share sesuai  dengan  materi  yang  diteliti,  bagi guru
hendaknya  senantiasa  mengawasi  kelas  untuk  memotivasi  keaktifan  siswa  dan
memberikan bimbingan secara individu maupun kelompok, bagi siswa hendaknya
saling membantu sesama teman jika temannya ada yang kesusahan.
