Show simple item record

dc.contributor.authorFitrah Dewi Mustikasari
dc.date.accessioned2013-12-27T06:17:20Z
dc.date.available2013-12-27T06:17:20Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210103010
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13439
dc.description.abstractHasil karakter pada pra siklus cenderung BT (belum terlihat), karakter siklus I cenderung MB (mulai berkembang) yaitu siswa melakukan karakter belum konsisten hal ini karena masih ada beberapa siswa yang masih belum mengerti karakter yang ditingkatkan dalam strategi pembelajaran ini, dan karakter siklus II cenderung MB (mulai berkembang) tetapi sudah ada beberapa siswa yang melakukan karakter MK (mulai konsisten). Hasil pembelajaran pada pra siklus didapatkan rata-rata hasil tes siswa sebesar 73,15. Hasil tersebut sudah melebihi ketuntasan minimum yang ada di MAN 2 Jember yaitu 70. Ketuntasan hasil belajar klasikal pada pra siklus sebesar 64,70% dengan 22 siswa yang tuntas dan 12 siswa yang belum tuntas. Hasil belajar pada siklus I adalah 71,76. Nilai ini sudah mencapai nilai standart ketuntasan minimum yang ada di MAN 2 Jember yaitu sebesar 70. Siswa yang tuntas dalam pembelajaran siklus I sebanyak 25 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa. Ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I sebesar 73,52%. Hasil belajar pada siklus II, maka didapatkan hasil rata-rata tes siklus II sebesar 75,29, tingkat ketuntasan belajar 82,35% dengan 28 siswa telah tuntas dan 6 siswa belum tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran index card match dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan karakter dan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dari hasil karakter siswa yang meningkat dari pra siklus sampai dilaksanakan siklus I dan siklus II dan juga disertai peningkatan hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa yang dapat memenuhi standart ketuntasan klasikal. Peneliti berharap dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan ini, guru hendaknya selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103010;
dc.subjectIndex Card Match, Teknik Mind Mapping, Biologien_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DENGAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas X.E Tahun Ajaran 2012/2013 MAN 2 Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record