dc.description.abstract | Hasil karakter pada pra siklus cenderung BT (belum terlihat), karakter siklus I
cenderung MB (mulai berkembang) yaitu siswa melakukan karakter belum konsisten
hal ini karena masih ada beberapa siswa yang masih belum mengerti karakter yang
ditingkatkan dalam strategi pembelajaran ini, dan karakter siklus II cenderung MB
(mulai berkembang) tetapi sudah ada beberapa siswa yang melakukan karakter MK
(mulai konsisten).
Hasil pembelajaran pada pra siklus didapatkan rata-rata hasil tes siswa sebesar
73,15. Hasil tersebut sudah melebihi ketuntasan minimum yang ada di MAN 2
Jember yaitu 70. Ketuntasan hasil belajar klasikal pada pra siklus sebesar 64,70%
dengan 22 siswa yang tuntas dan 12 siswa yang belum tuntas. Hasil belajar pada
siklus I adalah 71,76. Nilai ini sudah mencapai nilai standart ketuntasan minimum
yang ada di MAN 2 Jember yaitu sebesar 70. Siswa yang tuntas dalam pembelajaran
siklus I sebanyak 25 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa. Ketuntasan hasil
belajar klasikal pada siklus I sebesar 73,52%. Hasil belajar pada siklus II, maka
didapatkan hasil rata-rata tes siklus II sebesar 75,29, tingkat ketuntasan belajar
82,35% dengan 28 siswa telah tuntas dan 6 siswa belum tuntas.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran index
card match dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan karakter dan hasil
belajar siswa, hal ini dibuktikan dari hasil karakter siswa yang meningkat dari pra
siklus sampai dilaksanakan siklus I dan siklus II dan juga disertai peningkatan hasil
belajar dan ketuntasan hasil belajar siswa yang dapat memenuhi standart ketuntasan
klasikal. Peneliti berharap dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan ini,
guru hendaknya selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan
aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. | en_US |