dc.description.abstract | Nilai Akhir siswa yang menentukan ketuntasan siswa diperoleh dari
berbagai nilai yaitu nilai aktivitas, nilai tugas dan nilai ulangan. Berdasarkan
analisis nilai ketuntasan siswa dipadat pada siklus satu yang tuntas sebesar
43,24%. Sedangkan ketuntasan siswa pada siklus kedua yang tuntas sebesar
54,55%. Siswa yang tidak tuntas rata-rata nilai ulangannya dibawah 60,
sedangkan nilai ulangan yang diatas 60 siswa tersebut tuntas belajar.
Tingkat perkembangan berpikir geometri siswa sebelum dan setelah
pembelajaran mengalami peningkatan, meskipun ada beberapa siswa yang tetap
tidak mengalami perubahan tingkat berpikir. Sebelum pembelajaran tingkat
pravisual 91,98% setelah pembelajaran menjadi 32,43%, tingkat analisis sebelum
pembelajaran 5,41% setelah pembelajaran menjadi 29,73%, tingkat analisis
sebelum pembelajaran 2,70% setelah pembelajaran tetap, tingkat deduksi informal
sebelum pembelajaran 0% setelah pembelajaran menjadi 13,52%. Hasil analisis
tingkat perkembangan berpikir geometri siswa setelah dan sebelum pembelajaran
dapat disimpulkan 17 (45,95%) siswa mengalami peningkatan, 12 (32,43%) siswa
tetap tidak mengalami perubahan tingkat berpikir dan 8 (21,62%) siswa menjadi
sulit diklasifikasikan. Dengan demikian dapat di tunjukkan secara empirik
pembelajaran berbasis teori van Hiele (PBH) dapat meningkatkan tingkat
perkembangan berpikir geometri siswa secara signifikan. | en_US |