• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Bahan Ajar Sains Berbasis Pendekatan Inkuiri pada Sub Pokok Bahasan Bioteknologi Kelas IX SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Devy Dwi Restuwati - 090210103052_1.pdf (407.5Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Devy Dwi Restuwati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Perlunya dikembangkan bahan ajar karena disesuaikan dengan tuntutan kurikulum, karakteristik sasaran, dan tuntutan pemecahan masalah belajar. Akan tetapi bahan ajar tersebut belum mampu menggugah kesadaran afektif (emosional) siswa yang secara intelektual tidak mampu menggerakkan daya kritis dan rasa ingin tahu, guru maupun siswa. Oleh karena itu, dipilih pendekatan inkuiri sebagai format di dalam bahan ajar yang disusun. Pendekatan ini dipilih karena dapat melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan konsep, prinsip, teori, dan model sehingga lebih produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap (tahu mengapa), keterampilan (tahu bagaimana), dan pengetahuan (tahu apa) yang terintegrasi dan disesuaikan dengan Kurikulum 2013 yang menekankan pada aspek keterampilan proses. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil pengembahan ajar sains berbasis pendekatan inkuiri dimana siswa diharapkan dapat berdebat, menyanggah, dan mempertahankan pendapatnya dalam proses mental yang lebih tinggi tingkatannya seperti merumuskan masalah, merencanakan eksperimen, melakukan eksperimen, mengumpulkan dan menganalisis data serta menarik kesimpulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4-D (four-D model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan dan Semmel yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap 3-D, yaitu tahap pendefinisian (define) dilakukan dengan penyebaran angket guru dan angket siswa yang viii disesuaikan dengan Kurikulum 2013, tahap perancangan (design) yang dihasilkan adalah bahan ajar berbasis pendekatan inkuiri, dan tahap pengembangan (develop) berupa pengisian lembar validasi yang dilakukan oleh enam validator. Data yang didapatkan adalah hasil validasi dari validator, hasil uji keterbacaan dan tingkat kesulitan, serta respon siswa. Analisis data yang dilakukan adalah data deskriptif kualitatif berupa saran dari validator dan data kuantitatif berupa hasil validasi, hasil uji keterbacaan dan tingkat kesulitan, serta respon siswa. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar berupa buku siswa yang dikembangkan diperoleh nilai sebesar 84,01% berkategori sangat valid. Hasil angket uji keterbacaan dan tingkat kesulitan sebesar 88,06% siswa mengatakan mudah. Untuk respon siswa diperoleh nilai sebesar 95,37% bahwa siswa merespon positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Berdasarkan hasil tersebut, bahan ajar sains berbasis pendekatan inkuiri yang dikembangkan dikatakan sudah sangat valid dan produk tersebut dapat diuji ke kelompok kecil karena masih dalam bentuk prototipe. Selain itu, adanya respon positif dari bahan ajar sains berbasis pendekatan inkuiri menyatakan bahwa siswa telah memahami bahan ajar yang dikembangkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13246
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository