• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    OPTIMALISASI PEMBERIAN PENGUATAN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT KELAS VII E SMP PLUS DARUS SHOLAH JEMBER TAHUN AJARAN 2011/ 2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (255.8Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Pristian Anggriani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil optimalisasi pemberian penguatan yang dilakukan oleh guru melalui cooperative learning, aktivitas siswa, dan ketuntasan belajar siswa kelas VII E SMP Plus Darus Sholah Jember selama pembelajaran operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 18 Juli sampai 16 Agustus 2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, persentase aktivitas guru dalam optimalisasi pemberian penguatan adalah konstan yaitu 77,78% pada siklus I dan 77,78% pada siklus II. Persentase tersebut menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh guru adalah B yaitu sudah optimal dalam optimalisasi pemberian penguatan. Aktivitas individu meningkat dari 73,49% pada siklus I menjadi 84,22% pada siklus II.Selain aktivitas individu, aktivitas kelompok juga dianalisis. Hasil analisisnya yaitu 81,25% pada siklus I dan 84,72% pada siklus II, yang berarti juga mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa, diperoleh persentase sebesar 87,88% pada siklus I. Pada siklus II, diperoleh persentase hasil belajar sebesar 90,91%, meningkat 3,03% dari siklus I. Berdasarkan data-data tersebut, diketahui bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa selama menggunakan optimalisasi pemberian penguatan melalui cooperative learning.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13206
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [13143]

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta