dc.description.abstract | Fisika adalah bagian dari sains (IPA) yang pada hakikatnya adalah
kumpulan pengetahuan, cara berpikir, dan penyelidikan. Fisika adalah ilmu
pengetahuan yang menggunakan metode ilmiah dalam prosesnya, sehingga pemahaman siswa terhadap
hakikat fisika menjadi utuh, baik sebagai proses maupun sebagai produk. Pada
pembelajaran fisika di sekolah selama ini banyak menunjukkan bahwa rata-rata
dari hasil belajar fisika siswa lebih rendah dibandingkan dengan hasil belajar mata
pelajaran lainnya Hal ini didukung dengan adanya nilai quiz,
ujian tengah semester dan ujian akhir semester di SMP secara umum yang
menurun. Fakta di lapangan tersebut menunjukkan hasil belajar fisika yang masih
rendah karena kurangnya pembaharuan dalam gaya mengajar guru, bukan berarti
guru tersebut tidak kreatif, tapi guru sekarang harus bisa membuat siswa itu
nyaman dikelas, dan nyaman dalam menerima pelajaran yang diberikan apalagi
pelajaran fisika, khususnya di SMPN 7 Jember. Penerapan model Quantum
Learning memerlukan suatu metode pembelajaran untuk menginterpretasikan
hakikat fisika. Salah satu metode yang tepat adalah metode eksperimen, sehingga
jika dipadukan antara model Quantum Learning dan metode eksperimen maka
terjadilah suatu kombinasi yang baik antara hakikat fisika tersebut sehingga
diharapkan siswa lebih aktif dalam aktivitas belajarnya dan mampu meningkatkan
hasil belajarnya.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengkaji pengaruh model Quantum
Learning dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII
di SMPN 7 Jember. (2) Untuk mengkaji pengaruh model Quantum Learning
dengan metode eksperimen terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII di SMPN 7
Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat
penelitian yang ditentukan dengan cara purposive sampling area. Penelitian ini
dilakukan dilaksanakan di SMP Negeri 7 Jember dengan responden penelitian
kelas VIII-E dan VIII-F. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan cluster
random sampling. Desain penelitian menggunakan randomized post-test only
control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes,
observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Independent-Sample T
test dengan SPSS 16 untuk menjawab
rumusan masalah yang pertama, sedangkan untuk rumusan masalah yang kedua
menggunakan persentase aktivitas siswa.
Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa hasil pengujian
dengan menggunakan Independent-Sample T test dengan SPSS 16 atau pada nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,839 atau >
0,05. Nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen adalah sebesar 54,46,
sedangkan nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol adalah sebesar 54,85.
Perbedaan tersebut dikarenakan pada kelas eksperimen diterapkan Model
Quantum Learning dengan Metode Eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol
diterapkan Model Konvensional. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan
tidak ada pengaruh hasil belajar siswa antara menggunakan Model Quantum
Learning dengan Metode Eksperimen dengan Model Konvensional karena Sig.
(2 tailed) > 0,05 maka hipotesis nihil (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh pada
hasil belajar fisika antara siswa yang diajar dengan menggunakan Model Quantum
Learning dengan Metode Eksperimen dengan siswa yang tidak diajar
menggunakan model Quantum Learning pada pembelajaran fisika di SMPN 7
Jember kelas VIII. Hasil persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal maka
persentase aktivitas siswa mencapai 63,74%. Hal ini menunjukkan bahwa
aktivitas siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan Model Quantum
Learning dengan Metode Eksperimen tergolong aktif. | en_US |